PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BANK INDONESIA

Lukito, Caroline (2011) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BANK INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03055.pdf

Download (1795Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03055.pdf

Download (195Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03055.pdf

Download (139Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03055.pdf

Download (5Mb)

Abstract

Dalam perkembangan dunia industri dan persaingan antar korporasi, citra merupakan suatu keunggulan yang dapat membantu perusahaan untuk tetap bertahan di tengah-tengah masyarakat. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di berbagai bidang berlomba-lomba untuk menciptakan citra yang positif di mata masyarakat. Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan salah satu unsure penting yang mampu membentuk citra positif perusahaan di benak masyarakat. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang melaksanakan program CSR cenderung memiliki citra yang lebih positif. Akan tetapi, pada kenyataannya, banyak program CSR yang tidak direncanakan dengan baik dan gagal menciptakan citra positif perusahaan. Persepsi atau penilaian masyarakat tentang program CSR yang dilaksanakan akan menentukan bagaimana pembentukkan citra perusahaan pelaksana CSR tersebut. Suatu riset dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang Program CSR dimana aspek program yang dinilai adalah efektivitas pelaksanaan program dari sudut pandang masyarakat. Dalam hal ini digunakan kasus Program CSR “Desa Kita” yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia di Desa Manding. Pada akhirnya diharapkan riset ini dapat memberikan eveluasi bagi kemajuan perusahaan dan pelaksanaan Program CSR selanjutnya. Penelitian ini bersifat deskriptif, yakni suatu penelitian yang dirancang untuk memperoleh informasi tentang status suatu gejala saat penelitian dilakukan. Sebagaimana penelitian deskriptif, tidak ada perlakuan yang diberikan atau dikendalikan serta tidak ada uji hipotesis dalam penelitan ini. Penelitian ini hanya sejauh mendeskripsikan persepsi masyarakat tentang program CSR yang dilakukan Bank Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional survey, di mana data hanya diambil sekali saja. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Manding yang merupakan penerima Program “Desa Kita” yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia. Responden yang berjumlah 243 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Cara pengambilan sampel adalah dengan mendatangi lokasi penelitian yang terletak di Desa Manding, Sabdodadi, Bantul dan warga yang sedang beraktifitas secara acak didatangi dan diminta menjadi salah satu sampel. Hasil pengolahan data dengan distribusi frekuensi menunjukkan bahwa berdasarkan indikator keberhasilan CSR yang diungkapkan oleh Yusuf Wibisono (2007), dapat dikatakan bahwa Program CSR “Desa Kita” di Manding berhasil dengan baik. Selain itu, responden yang mayoritas berjenis kelamin laki-laki serta berada dalam rentang usia 16-25 tahun memiliki persepsi yang sangat positif tentang program CSR “Desa Kita” yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Pencapaian ini sebaiknya menjadi rujukan bagi pelaksanaan program “Desa Kita” di daerah lain. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat hubungan antara CSR dengan citra perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi tentang Program CSR, Citra
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 May 2013 09:29
Last Modified: 29 May 2013 09:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1895

Actions (login required)

View Item View Item