ANALISIS PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN RANTAI PASOKAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA OPERASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DI YOGYAKARTA

Gaol, Nickytha Linch Dehans Lumban (2019) ANALISIS PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN RANTAI PASOKAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA OPERASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
EM215450.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EM215451.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EM215452.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EM215453.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB IV)
EM215454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EM215455.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi yang mendasari praktik manajemen rantai pasokan dan secara empiris menguji kerangka penelitian yang mengidentifikasi hubungan diantara praktik manajemen rantai pasokan, keunggulan bersaing dan kinerja operasional sebagai variabel mediator pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Yogyakarta. Data yang digunakan merupakan data primer. Data tersebut diperoleh melalui teknik pengumpulan data survey dalam bentuk kuesioner yang telah disusun. Dari 193 kuesioner yang disebarkan, kuesioner yang kembali sebanyak 179 kuesioner dan yang dapat diolah sebanyak 163 kuesioner. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 15.0 for Windows yang terdiri dari empat bagian, bagian pertama pengujian pendahuluan yaitu pengujian alat dengan uji validitas dan reliabilitas juga statistik deskriptif. Bagian kedua pengujian statistik yaitu analisis regresi variabel mediasi. Bagian ketiga pengujian hipotesis dengan uji sobel dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik manajemen rantai pasokan berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing dan kinerja operasional, kinerja operasional sebagai variabel mediator pada praktik manajemen rantai pasokan berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: praktik manajemen rantai pasokan, keunggulan bersaing, kinerja operasional
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:49
Last Modified: 22 Jul 2019 04:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19501

Actions (login required)

View Item View Item