PAREIRA, STEFANUS GENOSIUS SELONG (2019) Iklim Etika di Credit Union Bahtera Sejahtera di Kabupaten Sikka : Sebuah Tinjauan Kualitatif. S2 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN AWAL)
MM027330.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
MM027331.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
MM027332.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
MM027333.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text (BAB IV)
MM027334.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
||
|
Text (BAB V)
MM027335.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan iklim etika yang ada dalam organisasi Credit Union Bahtera Sejahtera di Kabupaten Sikka-Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan Ethical Climate Theory (teori iklim etika) (Victor & Cullen, 1987 dan 1988) dengan interview yang diadaptasi dari Ethical Climate Questionnaire. Subjek penelitian ini berjumlah 14 individu yang terdiri dari staf manajemen 9, nasabah 3 dan masyarakat 2 yang dipilih melalui metode judgement sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat enam iklim etika dalam Credit Union Bahtera Sejahtera, yakni iklim Egoisme pada lokus “cosmopolitan”, Benevolence pada lokus “individu”, Benevolence pada lokus “lokal”, Benevolence pada lokus “cosmopolitan”, Principle pada lokus “individu” dan Principle pada lokus “cosmopolitan”. Hasil temuan ini menunjukan bahwa organisasi Credit Union Bahtera Sejahtera memiliki iklim Benevolence (Kepedulian) yang sangat kuat dan mendukung seluruh aktivitas organisasi. Kesadaran karyawan untuk melayani nasabah secara baik memungkinkan bertumbuhnya iklim Egoisme pada lokus “cosmopolitan” yang ditunjukan melalui sikap efisien dalam bekerja. Organisasi Credit Union Bahtera Sejahtera pun memberikan peluang bagi setiap karyawannya untuk memiliki kesadaran moral dalam mempertimbangkan masalah dan membuat keputusan yang memadai ketika bekerja. Sistem dan seluruh aktivitas organisasi Credit Union Bahtera Sejahtera diarahkan pada penanaman dan penciptaan nilai bagi seluruh staf manajemen dan karyawan maupun nasabah vi yang dilayani. Kondisi ini tercipta karena organisasi Credit Union Bahtera Sejahtera menghidupi iklim Principle pada lokus “cosmopolitan”. Seluruh sistem kerja staf manajemen dan karyawan berorientasi pada nilai namun tidak membuat organisasi mengabaikan aturan dan prosedur kerja
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teori iklim etika, Iklim etika organisasi, ECT, ECQ |
Subjects: | Magister Manajemen > Sumber Daya Manusia |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 Jul 2019 03:05 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 03:05 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19521 |
Actions (login required)
View Item |