STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENGATASI STRES DAN KONFLIK DI LINGKUNGAN PEKERJA PEREMPUAN (STUDI PADA UMKM LAWE INDONESIA)

HANDAYANI, AYU SRI (2019) STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENGATASI STRES DAN KONFLIK DI LINGKUNGAN PEKERJA PEREMPUAN (STUDI PADA UMKM LAWE INDONESIA). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
KOM056280.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
KOM056281.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB II)
KOM056282.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text (BAB III)
KOM056283.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM056284.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

UMKM di Indonesia memegang peranan dalam perekonomian Indonesia. Faktanya UMKM di Indonesia 80% dikelola oleh perempuan. Berdasarkan hasil survei perempuan rentan terhadap stres dan konflik, sehingga dapat mengganggu kinerja dan produktivis demi ketercapaian tujuan organisasi. Oleh karena itu, pentingnya suatu organisasi bisnis untuk mengelola stres dan konflik salah satunya yaitu Lawe Indonesia yang keseluruhannya adalah pekerja perempuan. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti strategi komunikasi organisasi dalam mengatasi stres dan konflik di lingkungan pekerja perempuan UMKM Lawe Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Narasumber penelitian dari pihak manajerial yaitu Fitria Werdiningsih dari divisi program, Wiraswati Yuliani dari divisi program, Herlin Siswanti dari divisi produksi. Narasumber penelitian dari pekerja perempuan yaitu Siti Fatimah dari divisi finishing, Nurhayatun dari divisi produksi, dan Sri Rahayu dari divisi keuangan program. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan melakukan wawancara dengan pihak manajerial dan peneliti juga melakukan triangulasi dengan cara wawancara pekerja perempuan. Hasil dari penelitian ini adalah pekeja perempuan Lawe Indonesia mengalami 5 dari 5 bentuk stres yaitu stres jasmani, emosional, mental, dan relasional. Pekerja perempuan Lawe Indonesia juga mengalami 4 dari 4 bentuk konflik, yaitu konflik dalam individu, konflik individu dengan individu, konflik individu dengan kelompok, dan konflik kelompok dengan kelompok. Selain itu, hasil dari penelitian ini yaitu Lawe Indonesia sudah menggunakan 4 dari 5 bentuk strategi komunikatif stres yaitu memperkuat harapan pekerja perempuan, menciptakan hubungan positif antar pekerja, menerapkan sistem kehati-hatian, dan membentuk daya tahan pekerja perempuan. Upaya dalam mengatasi konflik, Lawe Indonesia sudah menggunakan keseluruhan bentuk strategi yang ada yaitu strategi mengelola perasaan dan strategi mengelola perbedaan pemahaman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi organisasi, mengatasi stres dan konflik, pekerja perempuan, dan UMKM
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jul 2019 02:39
Last Modified: 26 Jul 2019 02:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19562

Actions (login required)

View Item View Item