GAYA KOMUNIKASI PEMIMPIN PADA SOCIAL ENTREPRENEURSHIP DALAM MEMBERDAYAKAN DIFABEL (Studi Kasus Gaya Komunikasi Pemimpin di Difa Bike – City Tour & Transport Yogyakarta)

Renda, Amorita (2019) GAYA KOMUNIKASI PEMIMPIN PADA SOCIAL ENTREPRENEURSHIP DALAM MEMBERDAYAKAN DIFABEL (Studi Kasus Gaya Komunikasi Pemimpin di Difa Bike – City Tour & Transport Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN AWAL)
KOM057830.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
KOM057831.pdf

Download (694kB)
[img] Text (BAB II)
KOM057832.pdf

Download (547kB)
[img] Text (BAB III)
KOM057833.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM057834.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Difa Bike – City Tour & Transport merupakan organisasi social entrepreneurship yang bertujuan untuk menuntaskan permasalahan sosial mengenai mobilitas dan lahan pekerjaan bagi difabel. Karyawan yang berada di Difa Bike – City Tour & Transport 100 persen merupakan difabel. Organisasi dengan 100 persen karyawan difabel haruslah dikelola dengan baik agar alur pekerjaan tidak terhambat dan organisasi dapat berjalan baik. Peran seorang pemimpin sangat dibutuhkan dalam hal ini, sebagai individu yang berperan untuk mengatur, membimbing, mempengaruhi, dan mampu membawa dampak besar agar organisasi dapat mencapai tujuannya. Gaya komunikasi merupakan hal terpenting untuk diperhatikan bagi seorang pemimpin agar dapat membawa organisasinya mencapai tujuan. Di sebuah organisasi komunikasi sangatlah penting dan tidak dapat diabaikan. Komunikasi akan menyebabkan segala kegiatan di organisasi terjadi. Sebagai pemimpin yang merupakan nahkoda dari organisasi haruslah cermat dan mahir dalam menggunakan gaya komunikasi agar dapat membuat anggota organisasi melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga alur kegiatan organisasi dapat berjalan dengan baik. Maka karena itu gaya komunikasi seorang pemimpin merupakan hal yang penting untuk membawa organisasi mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi yang digunakan pemimpin Difa Bike – City Tour & Transport dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan wawancara mendalam yang dilakukan kepada pemimpin dan karyawan Difa Bike – City Tour & Transport, observasi, dan studi pustaka.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga gaya komunikasi yang digunakan pemimpin dalam memimpin Difa Bike – City Tour & Transport yang digunakan sesuai konteksnya. Pertama yaitu equalitarian communication style gaya komunikasi pemimpin Difa Bike – City Tour & Transport ini sangat menonjolkan rasa empati saat berkomunikasi, adanya kesamaan emosional dan kepedulian yang kuat, keterbukaan komunikasi serta komunikasi dua arah ini digunakan saat memotivasi karyawan, pengambilan keputusan, saat melakukan evaluasi, dan digunakan saat berdialog sehari-hari. Selain itu structuring communication style juga digunakan oleh pemimpin, walaupun hanya sebatas mengarah pada penggunaan pesan verbal untuk memantapkan instruksi kerja. Terakhir yaitu controlling communication style juga digunakan saat pemimpin memberikan instruksi kerja. Ketiga gaya komunikasi tersebut digunakan sebagai upaya pemimpin untuk menjalankan organisasi secara optimal dalam memberdayakan kelompok difabel dan mencapai tujuan organisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi organisasi, gaya komunikasi pemimpin, social entrepreneurship, pemberdayaan difabel
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: wiwid bartolomeus wijayanto
Date Deposited: 14 Nov 2019 02:48
Last Modified: 15 Nov 2019 03:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20708

Actions (login required)

View Item View Item