DANUSWARI, NYOMAN AYUMI (2019) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DALAM GERAKAN MASYARAKAT (Studi Kasus Strategi Komunikasi Politik Forum Rakyat Bali dalam Gerakan Bali Tolak Reklamasi). S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
KOM05219 0.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
KOM05219 1.pdf Download (186kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
KOM05219 2.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text (BAB III)
KOM05219 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text (BAB IV)
KOM05219 4.pdf Download (123kB) | Preview |
Abstract
Padatnya aktivitas pariwisata di Bali menjadi daya tarik bagi pelaku investasi. Pembangunan pada sektor pariwisata terus dilakukan sebagai upaya yang disinyalir mampu meningkatkan jumlah wisatawan. Sejalan dengan itu, di akhir tahun 2012 muncul sebuah proyek pembangunan reklamasi di kawasan Teluk Benoa yang ditandai dengan terbitnya Surat Keputusan (SK) Gubernur Nomor 2138/02-C/HK/2012. Penerbitan SK tersebut oleh masyarakat akar rumput, dinilai cacat hukum karena melanggar keadilan tata ruang Teluk Benoa sebagai wilayah konservasi sehingga dapat membawa dampak negatif bagi lingkungan. Penolakan tersebut diwadahi dalam aliansi bernama Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa (ForBALI). Teriakan ForBALI semakin kencang, ketika pemerintah daerah dan pemerintah pusat masih berupaya memfasilitasi investor dengan menerbitkan Perpres No.51 Tahun 2014 tentang Teluk Benoa boleh direklamasi oleh PT.TWBI. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian yaitu strategi komunikasi politik, gerakan masyarakat dan identitas sosial. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam (In Depth Interview), observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian menggunakan studi kasus. Teknik analisis data yang menggunakan model Miles dan Huberman. Penelitian ini dilakukan untuk melihat strategi komunikasi politik ForBALI dalam menyuarakan Bali Tolak Reklamasi. Strategi komunikasi dilakukan dengan menerapkan pemilihan komunikator, memahami khalayak penyusunan pesan, pemilihan media. Strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh ForBALI dijalankan dengan memaksimalkan peran komunikator yang terdiri dari berbagai latarbelakang, untuk melakukan pendekatan pada khalayak. Adanya pemahaman antara ForBALI dan khalayak dapat memudahkan pesan yang mereka bawa untuk diterima dan membangkitkan perlawanan. Dalam menyalurkan pesan-pesan Bali Tolak Reklamasi, ForBALI memilih untuk menggunakan media sosial sebagai media utama, selanjutnya dikombinasikan dengan berbagai jenis media lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi politik, gerakan masyarakat, ForBALI, reklamasi |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Lia natanaelia utami |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 05:05 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 05:05 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20769 |
Actions (login required)
View Item |