MODEL KOMUNIKASI DALAM PROSES MENGAJAR BELAJAR MELALUI METODE PENDIDIKAN POPULER (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat “Sanggar Anak Alam”)

CAHYANINGTYAS, PATRICIA LIANA (2019) MODEL KOMUNIKASI DALAM PROSES MENGAJAR BELAJAR MELALUI METODE PENDIDIKAN POPULER (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat “Sanggar Anak Alam”). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
KOM05736 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM05736 1.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
KOM05736 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB III)
KOM05736 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM05736 4.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas model komunikasi dalam proses mengajar belajar melalui metode pendidikan populer karya Paulo Freire di SALAM. Metode pendidikan populer Freire menjelaskan bahwa peserta didik adalah subjek yang aktif sehingga proses pendidikan berlangsung dengan komunikasi dua arah atau dialogis guna mencapai kesadaran warga belajar terkait fenomena yang ditemukan. Melalui penelitian ini ditemukan model komunikasi yang memperlihatkan cara partisipan dalam proses mengajar-belajar guna mencapai pemahaman bersama dan memiliki kesadaran mengenai fenomena maupun penemuan yang didapat. SALAM merupakan PKBM yang dalam ekosistemnya terdapat orang-orang yang memiliki peran masing-masing untuk mendukung proses mengajar-belajar warga belajar, oleh karena itu dalam penelitian ini akan ditemukan peran-peran yang beririsan dan mempengaruhi alur komunikasi satu sama lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif guna memaparkan keadaan di SALAM sesuai dengan konteks waktu sekarang yang tentunya berhubungan dengan topik penelitian ini. Data-data yang didapatkan peneliti diperoleh dengan cara observasi serta wawancara mendalam dengan beberapa narasumber yang mampu memberikan informasi terkait proses mengajar-belajar di SALAM. Data tersebut kemudian peneliti ubah ke dalam bentuk narasi dan peneliti kelompokkan data-data yang ada serta peneliti simpulkan terkait dengan konsep-konsep model komunikasi dan pendidikan populer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model komunikasi yang ditemukan dalam proses mengajar-belajar dengan metode pendidikan populer di SALAM adalah model komunikasi partisipasi. Model ini memperlihatkan fenomena komunikasi antara warga belajar, fasilitator, dan orang tua terbagi dalam tiga proses komunikasi, yakni komunikasi dialogis, interaktif, dan kesamaan pemahaman yang memiliki tujuan akhir agar memiliki kesamaan pemahaman serta mampu memiliki kesadaran mengenai suatu fenomena yang ditemukan oleh warga belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model komunikasi partisipasi, Metode Pendidikan, Pendidikan Populer, Kesadaran, Paulo Freire
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:10
Last Modified: 08 Jan 2020 07:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20778

Actions (login required)

View Item View Item