PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP ADOPSI UANG ELEKTRONIK PADA MAHASISWA FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

Ramya Vhikara, Bennasita Dyah (2019) PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP ADOPSI UANG ELEKTRONIK PADA MAHASISWA FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
EM220030.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EM220031.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EM220032.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EM220033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB IV)
EM220034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[img] Text (BAB V)
EM220035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
EM220036.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat literasi keuangan terhadap adopsi uang elektronik mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Penulis menggunakan metode kuantitatif menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk mendapatkan data primer. Penelitian ini berfokus pada variabel Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Self Efficacy, Perceived Credibility, Subjective Norms, Perceived Finance Cost, Financial Literacy dan Attitude Towards Adoption. Dengan menggunakan metode purposive sampling, didapatkan 330 sampel yang diteliti. Pengujian instrumen kuesioner dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil pengujian penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Usefulness, Self Efficacy, Subjective Norms, dan Financial Literacy memiliki pengaruh terhadap Attitude Towards Adoption Sedangkan, untuk pengujian variabel Perceived Ease of Use, Perceived Credibility, dan Perceived Finance Cost tidak memiliki pengaruh terhadap Attitude Towards Adoption. Selain itu, dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Financial Literacy tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap Adoption.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: literasi keuangan, adopsi teknologi, uang elektronik, e-money
Subjects: Manajemen > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:13
Last Modified: 15 Jan 2020 03:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20872

Actions (login required)

View Item View Item