ANALISIS PERILAKU ETIS KONSUMEN (Studi pada ibu rumah tangga di kota Jogjakarta)

Kusnaryadi, . (2006) ANALISIS PERILAKU ETIS KONSUMEN (Studi pada ibu rumah tangga di kota Jogjakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM11676.pdf

Download (184Kb)
[img] Text (Bab I)
1EM11676.pdf

Download (221Kb)
[img] Text (Bab II)
2EM11676.pdf

Download (228Kb)
[img] Text (Bab III)
3EM11676.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EM11676.pdf

Download (335Kb)

Abstract

Perilaku terhadap permasalahan etika dewasa ini menjadi sorotan yang menarik dalam dunia bisnis. Masalah etika bisnis timbul diantara produsen dan konsumen, yang masing-masing menuntut pemenuhan hak-hak mereka dengan mengesampingkan kewajiban yang hams mereka penuhi. Konsumen dengan keanekaragaman sikap maupun sifat hares diperlakukan dengan baik secara moral, tidak saja merupakan tuntutan etis melainkan juga syarat mutlak untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis. Perhatian untuk etika dalam hubungannya dengan konsumen, hares dianggap hakiki demi kepentingan bisnis itu sendiri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis etika ibu rumah tangga dalam berbisnis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) telaah/kajian literature, (2) survei lapangan, dan (3) kuisioner yang digunakan untuk meminta pendapat ibu rumah tangga mengnai etika konsumen dalam berbisnis. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ibu rumah tangga pada masa kini masih memiliki perilaku yang etis dalam berbisnis. Hasil uji beda dapat diketahui bahwa ibu rumah tangga dengan usia muda memiliki tingkat perilaku etis yang lebih rendah dibandingkan dengan ibu rumah tangga dengan usia yang lebih tua. Ini menunjukkan bahwa perubahan waktu (jaman) berdampak pula pada menurunnya perilaku etis manusia. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi pihak pemasar maupun konsumen terutama perilaku yang hares diperhatikan jika melakukan bisms dengan orang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Actively Benefiting, Pasively Benefiting, Deceptive "Legal" Practice, No Harm / Indirec Harm
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Jun 2013 13:51
Last Modified: 05 Jun 2013 13:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item View Item