LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR WEDDING VENUE DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA DI KULON PROGO

HERNITA, YOSEFINA SHILIA (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR WEDDING VENUE DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA DI KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
TA 0115873.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA 1115873.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA 2115873.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TA 4115873.pdf

Download (972kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA 4115873.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img] Text (BAB V)
TA 5115873.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA 6115873.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Yogyakarta memiliki angka median usia pernikahan di angka 23 tahun. Di tahun 2019 ini orang yang berusia 23 tahun adalah generasi milenial yang memiliki pola pikir yang open minded serta modern. Generasi ini sangat unik dan berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya dimana quality lebih diprioritaskan tinimbang quantity. Akibatnya banyak pasangan muda kini mencari venue pernikahan yang mampu membawa arti pernikahan lebih dalam dan lebih intim. Pada umumnya masyarakat melakukan pesta pernikahan di gedung serbaguna. Namun gedung serbaguna tidak memiliki spesifikasi kearah gedung pernikahan melainkan lebih ke gedung olahraga. Sehingga fasilitas yang ada pun kurang memadahi dan bangunan tidak mengekspresikan kesakralan pernikahan. Berbeda dengan Wedding venue yang merupakan tempat khusus melakukan acara pernikahan. Pendekatan yang digunakan untuk mengekspresikan kesakralan pernikahan pada bangunan adalah dengan menggunakan arsitektur metafora. Arsitektur metafora adalah suatu cara untuk memahami suatu hal, seolaholah hal tersebut sebagai hal lain sehingga dapat memahami suatu topik menjadi lebih baik. Bentuk mengadaptasi bentuk merpati yang sedang benrcengkrama. Pendekatan ini dianggap mampu mengekspresikan suatu makna pernikahan dengan lebih tersirat dan lebih dalam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: wedding venue, arsitektur metafora, kesakralan, pernikahan
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Sep 2020 05:05
Last Modified: 01 Sep 2020 05:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22011

Actions (login required)

View Item View Item