PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI PROGRAM KOMUNIKASI “31 Days Challenge” MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA KOMUNITAS ZERO WASTE INDONESIA (ZWID) SEBAGAI UPAYA MENGURANGI SAMPAH

INDRIANI, FITRIAH DWI (2019) PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI PROGRAM KOMUNIKASI “31 Days Challenge” MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA KOMUNITAS ZERO WASTE INDONESIA (ZWID) SEBAGAI UPAYA MENGURANGI SAMPAH. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Judul dan Abstrak)
KOM 005825.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
KOM 105825.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
KOM 205825.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
KOM 305825.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
KOM 405825.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Program komunikasi merupakan aktivitas komunikasi yang digunakan oleh sebuah organisasi untuk melakukan sebuah tindakan komunikasi. Program komunikasi 31 Days Challenge merupakan program komunikasi yang diselenggarakan oleh komunitas ZWID pada tanggal 1 Januari hingga 31 Januari 2019 di media sosial instagram. Komunitas ZWID merupakan komunitas yang bergerak pada isu lingkungan yang berbagi informasi seputar gaya hidup zero waste atau (nol sampah). Tujuan utama dalam program ini adalah mengajak target sasaran untuk mengikuti tantangan pada program 31 Days Challenge sebagai upaya mengurangi sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan implementasi program 31 Days Challenge melalui media sosial instagram pada komunitas ZWID sebagai upaya mengurangi sampah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi instagram akun komunitas. Perencanaan yang matang diperlukan dalam melaksanakan program komunikasi, dalam hal ini tahapan perencanaan yang dirumuskan oleh komunitas ZWID dalam program 31 Days Challenge meliputi menemukan permasalahan, tema, target, pesan, media, teknis program, pelaksanaan program hingga evaluasi. Perencanaan yang telah dirumuskan tidak berakhir begitu saja, maka perlu adanya implementasi dari perencanaan yang telah dirumuskan. Komunitas ZWID mengimplementasikan langsung program 31 Days Challenge di media sosial instagram sesuai dengan tahapan perencanaan yang telah dirumuskan diawal program.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan dan Implementasi Program Komunikasi, Instagram, Komunitas, Pengurangan Sampah, Komunitas Zero Waste Indonesia
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Nov 2020 00:56
Last Modified: 05 Nov 2020 00:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22380

Actions (login required)

View Item View Item