VIDEO SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Video Edukasi yang digunakan di Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

CHRISTIANTO, HARIO SETO (2010) VIDEO SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Video Edukasi yang digunakan di Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM01056.pdf

Download (606Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM01056.pdf

Download (124Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM01056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM01056.pdf

Download (84Kb)

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan proses komunikasi yang terjadi antara pengajar dengan (para) siswanya. Di dalam proses belajar mengajar terdapat strategi-strategi perlu diterapkan. Strategi belajar-mengajar terdiri atas semua komponen materi pengajaran dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu siswa mencapai tujuan pengajaran tertentu dengan kata lain strategi belajar-mengajar juga merupakan pemilihan metode, media, atau model pelatihan tertentu yang cocok dengan tujuan yang akan dicapai. Media yang kemudian selanjutnya dirasakan tepat dalam hal ini adalah media audio visual (video) ataupun televisi. Pada setiap program studi di FK UMY proses belajar mengajar yang dilaksanakan wajib untuk dapat mencapai kompetensi dalam bidang kedokteran. Kompetensi yang dimaksud adalah keluaran yang harus mampu dicapai dalam pendidikan mereka, baik dalam hal untuk menjadi dokter ataupun perawat sesuai dengan konsentrasi program studi yang mereka ambil. Maka berdasar pada karakteristik dan keunggulan yang dimiliki video sebagai media komunikasi (yang selanjutnya dalam penulisan ini juga dapat disebut sebagai media pendidikan), FK UMY bermaksud untuk dapat memberikan pemahaman yang seharusnya kepada para calon dokter atau para calon perawat. Dengan menggunakan sistem blok problem based learning dengan student centered mahasiswa dituntut turut aktif dalam proses belajar mengajar. Dalam penggunaan video sebagai media pendidikan/ajar di dalam kelas tutorial dan skill-lab mahasiswa sangat terbantu dalam memahami materi yang harus dipahami dan kompetensi yang wajib dicapai meski di dalam pemanfaatan media ajar tersebut masih terdapat beberapa hambatan dan kekurangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2013 09:11
Last Modified: 18 Jun 2013 09:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2268

Actions (login required)

View Item View Item