Cahyono, Fiter Bagus (2010) PERAN KEBIJAKAN PENGELOLAAN KORAN JAKARTA DALAM EFEKTIVITAS BERIKLAN. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM01313.pdf Download (748kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM01313.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM01313.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM01313.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM01313.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Banyaknya perusahaan surat kabar berarti semakin banyak pilihan bagi pembaca untuk mendapatkan informasi yang ada maupun bagi pemasang iklan untuk memilih media cetak yang akan digunakan sebagai alat promosinya. Oleh karena itu perlu adanya suatu kebijakan yang baik dari perusahaan surat kabar dalam penempatan iklan sehingga, sehingga iklan tersebut dapat efektif bagi pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kebijakan pengelolaan Koran Jakarta dalam efektivitas beriklan dari aspek attention, interest, desire, conviction, dan action (AIDCA). Penelitian dilakukan kepada pembaca atau pelanggan Koran Jakarta. Untuk mendapatkan responden pada penelitian ini digunakan metode pengambilan sampel purposive sampling. Untuk mendapatkan data primer, penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner. Wawancara dilakukan dengan pihak Koran Jakarta yan tujuannya untuk mengetahui kebijakan yang ada di Koran Jakarta. Dan kuesioner digunakan untuk mengetahui efektifitas beriklan. Setelah responden menjawab kuesioner tersebut, hasil ditabulasi dan diuji menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhatian (attention) terhadap iklan display di Koran Jakarta adalah sedang (sebesar 41 %), iklan display secara interest di Koran Jakarta tidak menarik (sebesar 7 %), keinginan (desire) terhadap iklan display di Koran Jakarta kurang (sebesar 46 %), keyakinan (conviction) terhadap iklan display di Koran Jakarta adalah sedang (sebesar 40 %), dan sebagian besar pelanggan Koran Jakarta menyatakan jarang menggunakan iklan display di Koran Jakarta sebagai referensi untuk membeli produk (sebesar 42 %). Sedangkan untuk iklan baris atau kolom, pelanggan Koran Jakarta berpendapat bahwa sebagian besar pelanggan Koran Jakarta menyatakan tidak memperhatikan (attention) iklan baris atau kolom di Koran Jakarta (sebesar 41 %), interest iklan baris atau kolom di Koran Jakarta menarik (sebesar 40 %) namun yang menyatakan tidak menarik sebesar 34 %, keinginan (desire) terhadap xvi iklan display di Koran Jakarta kurang (sebesar 61 %), pelanggan Koran Jakarta merasa yakin (conviction) terhadap iklan display di Koran Jakarta (sebesar 8 %), namun yang menyatakan tidak yakin maupun sedang sebesar 36 % dan 35 %, dan sebagian besar pelanggan Koran Jakarta menyatakan jarang menggunakan iklan display di Koran Jakarta sebagai referensi untuk membeli produk (sebesar 53 %).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | attention, interest, desire, conviction, dan action (AIDCA), efektifitas iklan |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Jun 2013 09:29 |
Last Modified: | 18 Jun 2013 09:29 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2271 |
Actions (login required)
View Item |