REPUTASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS GADJAH MADA MENURUT MAHASISWA ASAL MALAYSIA

Pradiptia, Anindhita Prita (2010) REPUTASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS GADJAH MADA MENURUT MAHASISWA ASAL MALAYSIA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM01326.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM01326.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM01326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab III)
3KOM01326.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hubungan masyarakat (humas) adalah mengenai reputasi; apa yang dilakukan organisasi, apa yang dikatakan organisasi dan apa yang dikatakan pihak lain mengenai organisasi. Ketiga hal tersebut merupakan bentuk komunikasi antara organisasi dengan publik. Komunikasi yang tidak lancar akan mempengaruhi reputasi organisasi tersebut. Reputasi tanpa cela tidak hanya penting bagi perusahaan komersial. Perguruan Tinggi, sebagai organisasi nirlaba juga wajib untuk menjaga reputasinya. Salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang dianggap mempunyai reputasi internasional adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Di universitas ini terdapat sebuah prodi yang mempunyai mahasiswa asing paling banyak diantara seluruh prodi di lingkungan UGM, yaitu prodi Pendidikan Dokter. Kondisi ini menarik untuk diteliti; Mengapa mereka lebih memilih untuk menempuh Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran UGM (FK UGM)? Reputasi seperti apakah yang yang dimiliki oleh Prodi Pendidikan Dokter di FK UGM menurut mereka? Reputasi sebuah universitas dapat dibentuk berdasarkan pengalaman stakeholder dalam berinteraksi dengan universitas secara langsung maupun tidak langsung dan melalui informasi yang diperoleh dari berbagai saluran dan simbol komunikasi. The Harris-Fombrun Reputation QuotientSM (RQ) dapat dipergunakan untuk mengetahui seperti apa reputasi sebuah organisasi. Instrumen ini dikembangkan untuk mengetahui reputasi organisasi melalui pemahaman terhadap hal-hal yang dijadikan dasar oleh para pemangku kepentingan dalam menentukan reputasi organisasi dan persepsi mereka terhadap organisasi itu sendiri. Parameter ini mengukur 6 variabel reputasi organisasi yang terdiri dari 19 indikator reputasi, yaitu: ketertarikan emosi, produk dan pelayanan, lingkungan kerja, performa finansial, visi dan kepemimpinan, tanggung jawab sosial. Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Nilai rata-rata skor RQ dari seluruh variabel penelitian berada dalam kategori skor tinggi. Hal itu berarti menurut responden, prodi Pendidikan Dokter di FK UGM mempunyai reputasi yang baik 2). Terdapat satu variabel yang nilai rata-rata skornya paling rendah diantara variabel lainnya, yaitu variabel Lingkungan Kerja 3). Variabel yang mempunyai nilai ratarata skor tertinggi diantara variabel lainnya adalah variabel tanggung jawab sosial 4). Skor total RQ berdasarkan penelitian ini berada dalam kategori skor RQ tinggi (74,50 dalam sakala 100) sehingga menurut responden, Prodi Pendidikan Dokter di FK UGM mempunyai reputasi baik. Disarankan untuk untuk melakukan penelitian lanjutan yang lebih komprehensif mengenai reputasi pendidikan tinggi untuk memperkaya bidang kajian ilmu komunikasi; terutama minat humas. Selama ini literatur mengenai reputasi pendidikan tinggi masih sangat terbatas, kalau pun ada biasanya pendekatannya dari aspek bisnis/manajemen. Kajian lintas ilmu dengan melibatkan bidang ilmu psikologi, komunikasi, bisnis/manajemen, dan manajemen pendidikan juga sangat disarankan untuk memberi beragam perspektif yang pada akhirnya akan dapat memperkaya kajian mengenai reputasi pendidikan tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2013 09:37
Last Modified: 18 Jun 2013 09:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2272

Actions (login required)

View Item View Item