PROFIL PENDENGAR PROGRAM ACARA “APRESIASI MUSIK” DI RADIO GERONIMO 106.1 FM DAN “ICHIGO” DI RADIO SWARAGAMA 101.7 FM (Studi Analisis Deskriptif Kuantitatif Pendengar di kelurahan Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta)

ANDESTA, THOMAS (2010) PROFIL PENDENGAR PROGRAM ACARA “APRESIASI MUSIK” DI RADIO GERONIMO 106.1 FM DAN “ICHIGO” DI RADIO SWARAGAMA 101.7 FM (Studi Analisis Deskriptif Kuantitatif Pendengar di kelurahan Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02048.pdf

Download (1613Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02048.pdf

Download (151Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02048.pdf

Download (4Mb)

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah mengenai profil pendengar program acara “Apresiasi Musik” di radio GERONIMO 106.1 FM dan “ICHIGO” di radio Swaragama FM (studi analisis deskriptif kuantitatif profil pendengar program di kelurahan Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta). Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah perlunya sebuah stasiun radio mengetahui profil pendengar program acara khususnya agar mengenal pendengarnya dengan baik. Profil Pendengar yang diteliti adalah profil pendengar pada program acara yang tidak memutar lagu TOP 40 ditengah – tengah kecenderungan program – program acara lain yang memutar lagu – lagu yang mainstream (TOP 40). Metode yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kuantitatif. Data – data yang diperlukan berupa data dari hasil kuisioner dan juga kepustakaan. Terdapat data wawancara sebagai pembanding antara hasil penelitian dengan profil pendengar program acara TOP 40. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden pendengar Apresiasi Musik di radio GERONIMO 106.1 FM dan 100 responden pendengra ICHIGO di radio Swaragama 101.7 FM Yogyakarta. Kemudian dari data yang telah tersedia dilakukan analisis dengan menggunakan metode tabulasi frekuensi. Penelitian ini dilakukan pada program acara khusus di radio GERONIMO FM dan Swaragama FM Yogyakarta karena kedua program acara ini terdapat di dua stasiun radio berformat TOP 40 terbesar di kota Yogyakarta. Pemilihan populasi yaitu kelurahan Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta, dilakukan secara random (acak sederhana) dari kelurahan – kelurahan yang ada di kecamatan Depok, Sleman Yogyakarta. Kecamatan Depok sendiri dipilih peneliti karena memiliki jumlah penduduk terbesar di bandingkan kecamatan – kecamatan lain yang ada di Sleman Yogyakarta. Sampel penelitian juga diambil secara random (simple random sampling). Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menyatakan bahwa sebagian besar kedua responden acara berusia 15 – 25 tahun, didominasi oleh pelajar atau mahasiswa, dimana sebagian besar masih menggantungkan pendapatannya pada orangtua mereka. Sebagian besar responden berada pada status sosial menengah. Berdasarkan hasil yang didapat, kedua responden program acara ternyata mengikuti lifestyle dari barat yaitu Amerika dan Inggris (seperti profil pendengar program acara lain yang memutar lagu TOP 40). Lifestyle atau gaya hidup yang mereka ikuti antara lain hiburan, fashion, musik, olahraga.Mereka juga menggunakan media untuk menunjang lifestyle dan informasinya seperti radio, televisi dan internet. Pengguna internet lebih besar jumlahnya daripada pengguna surat kabar atau majalah. Pada akhirnya dapat disimpulkan berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, terlihat bahwa sebuah program acara ‘non’ TOP 40 di sebuah radio berformat TOP 40, tidak membuat profil pendengarnya berbeda dengan profil pendengar program acara TOP 40.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2013 11:06
Last Modified: 18 Jun 2013 11:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2283

Actions (login required)

View Item View Item