PROSES INTERNET MARKETING BAND CRANIAL INCISORED MELALUI SITUS MYSPACE

Nugroho, Arief Ardi (2010) PROSES INTERNET MARKETING BAND CRANIAL INCISORED MELALUI SITUS MYSPACE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02608.pdf

Download (2132Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02608.pdf

Download (161Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02608.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02608.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1033Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02608.pdf

Download (259Kb)

Abstract

Peneletian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan bagaimana proses internet marketing band Cranial Incisored melalui situs Myspace. Cranial Incisored salah satu contoh band yang sudah merilis album di luar negeri. Album pertama Cranial Incisored, Rebuild : The Unfinished Interpretation of Irrational Behaviour, dirilis ulang di Amerika Serikat pada bulan Juni 2006 oleh label Amerika Serikat, Malicious Intents Records, yang berpusat di Philadelphia. Keberhasilan merilis album diluar negeri ini merupakan salah satu efek yang dirasakan Cranial Incisored dari situs jejaring sosial, Myspace. Myspace sendiri dibentuk pada tahun 2000 oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson sarjana sastra Inggris dari Berkeley. Awal mula Myspace adalah perusahaan internet marketing bernama Response Base. Yaitu sebuah situs pertemanan berbasis musik, dan bersifat terbuka karena semua isi dikelola anggota. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, dan hubungan fenomena (fenomenologi) yang akan diselidiki. Selain itu penelitian deskriptif untuk pengukuran yang cermat terhadap fenomena sosial. Subyek dalam penelitian ini adalah Cranial Incisored. Penelitian dilakukan dengan interview mendalam dengan informan yaitu Halim Budiono, wawancara dengan fans Cranial Incisored serta observasi langsung akun Myspace milik Cranial Incisored. Proses analisis data ini dilakukan melalui beberapa tahap, hal ini ditujukan guna memperjelas serta mempermudah dalam memahami masalah yang akan dianalisa dalam penalitian ini. Bagian-bagian dari uji kesahihan ini meliputi: Trustworthiness dan analisis data. Berdasarkan temuan data dan analisa data yang telah diuraikan, maka dapat ditarik kesimpulan antara lain sebagai berikut: Proses internet marketing band Cranial Incisored melalui Myspace bisa dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu interaksi dan transaksi. Dalam proses interaksi Halim Budiono bisa berperan sebagai source maupun receiver. Myspace bisa berperan sebagai message dan channel. Fans juga berperan aktif karena fans tidak hanya menjadi receiver akan tetapi fans juga bisa menjadi source. Untuk proses transaksi meliputi online shopping dan online purchasing. Dengan adanya Myspace milik Cranial Incisored maka fans Cranial Incisored bisa memilih sendiri informasi produk apa saja yang dikeluarkan Cranial Incisored, entah itu merchandise, album, lagu, maupun video clip. Dalam konteks komunikasi sebagai transaksi, proses ini ditandai dengan tindakan online shopping oleh fans dan Cranial Incisored, perubahan minat beli oleh fans, pertukaran dan perpindahan produk-produk yang ditawarkan Cranial Incisored kepada fans. Untuk online purchasing, Myspace digunakan Cranial Incisored sebagai sarana untuk melakukan direct marketing, personal selling dan public relations karena jauh lebih efektif dan efisien daripada situs lain yang digunakan Cranial Incisored.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 08:23
Last Modified: 19 Jun 2013 08:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2298

Actions (login required)

View Item View Item