FAKTOR - FAKTOR YANG MENENTUKAN EFEKTIVITAS INTRANET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL BANK INDONESIA Dosen Pembimbing : Dr. Phil. Yudi Perbawaningsih, M.Si

Kristantika, Monica Tita (2010) FAKTOR - FAKTOR YANG MENENTUKAN EFEKTIVITAS INTRANET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL BANK INDONESIA Dosen Pembimbing : Dr. Phil. Yudi Perbawaningsih, M.Si. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02694.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02694.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02694.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02694.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02694.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi selalu terjadi kapan dan di manapun seperti halnya organisasi. Komunikasi organisasi membutuhkan seorang Public Relations yang dituntut mampu menggunakan kemampuan untuk menjalankan tugas – tugasnya terkait publik internal dan eksternal. Pembinaan komunikasi internal sangat diperlukan karena mereka adalah penggerak suatu organisasi. Oleh sebab itulah, digunakan media komunikasi internal berupa intranet untuk penyebaran pesan. Era komunikasi semakin berkembang pesat sejak kehadiran intranet. Bank Indonesia adalah pusat perekonomian Indonesia yang menggunakan intranet sebagai media komunikasi internal. Efisiensi intranet tidak diragukan lagi dibandingkan media komunikasi internal lainnya. Ada banyak alasan mengapa karyawan memilih dan menggunakan intranet Bank Indonesia sebagai media komunikasi internalnya. Salah satunya kecepatan akses data yang tinggi dalam penyebaran informasi. Di sini peneliti berusaha memiliki tiga asumsi faktor yang menentukan efektivitas intranet sebagai media komunikasi internal Bank Indonesia yaitu konektivitas, pengetahuan pengguna dan kecepatan. Hasil dan analisis penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa intranet dapat dikatakan efektif sebagai media komunikasi internal Bank Indonesia karena dapat membantu meningkatkan kinerja karyawan dan menjaga komunikasi dua arah. Interaktivitas intranet sangat tinggi sehingga dapat menjadi media komunikasi yang baik di kalangan internal. Sedangkan faktor – faktor yang menentukan efektivitas intranet Bank Indonesia adalah konektivitas, pengetahuan pengguna, kecepatan, dan ketersediaan perangkat keras. Terdapat beberapa saran dari penulis yang diharapkan dapat menjadi masukan positif bagi intranet Bank Indonesia, yaitu perlunya sosialisasi mengenai intranet kepada pegawai Bank Indonesia dan penambahan fasilitas untuk chatting kalangan internal karena dengan chatting lebih mudah untuk menjadikan komunikasi interaktif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 09:18
Last Modified: 19 Jun 2013 09:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item View Item