TAHAPAN PEMILIHAN MEDIA UNTUK PROMOSI EVENT FESTIVAL TELUK JAILOLO HALMAHERA BARAT MALUKU UTARA PERIODE 2017-2019

PALIAS, GREIS SISKA FILIANI (2019) TAHAPAN PEMILIHAN MEDIA UNTUK PROMOSI EVENT FESTIVAL TELUK JAILOLO HALMAHERA BARAT MALUKU UTARA PERIODE 2017-2019. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
KOM 005580.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM 105580.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
KOM 305580.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM 405580.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki keindahan alam yang tersebar diberbagai daerah, dengan adanya keindahan tersebut pemerinta pusat dan daerah bekerja sama untuk mempromosikan keindahan alam yang ada dimasing-masing daerah. Kementrian pariwisata mengeluarkan kalender event nasional. Event yang memenuhi kriteria dari Kementrian Pariwisata akan masuk dalam kalender event nasional. Salah satu event daerah yang berhasil masuk pada kalender event nasional adalah Festival Teluk Jailolo. Event ini diselenggarakan oleh dinas pariwisata Halmahera Barat rutin setiap tahun dengan menyajikan konten, yaitu potensi yang dimiliki. Adanya penyelenggaraan event tersebut, dinas pariwisata bekerja sama dengan dinas kominfo untuk mempromosikan event festival Teluk Jailolo melalui media. perkembangan teknologi yang sengat cepat dan berubah dari waktu ke waktu, maka dinas kominfo dalam memilih media harus mempertimbangkan beberapa tahapan agar media yang dipilih sesuai dengan segmentasi dan perencanaan selanjutnya semakin baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan pemilihan media untuk promosi event festival Teluk Jailolo. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori komunikasi pemasaran, promosi, tahapan pemilihan media dan event. Teori digunakan untuk membantu peneliti dalam menjelaskan secara detail mengenai promosi event melalui media dan tahapan dalam pemilihan media oleh dinas kominfo. Dikarenakan dinas pariwisata mengadakan event festival Teluk Jailolo dan ingin mengajak wisatawan berkunjung, maka membutuhkan media untuk mengkomunikasikan event tersebut dengan perencanaan komunikasi pemasaran yang baik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus. Tahapan pemilihan media yang dilakukan oleh dinas kominfo berbeda-beda. Media lokal digunakan dengan alasan menjaga kemitraan, dan media dari hasil survei. Sedangkan, pada media nasional dipilih berdasarkan hasil riset, program travelling. Selain media berskala lokal dan nasional, promosi juga dilakukan pada media sosial yang dilakukan oleh pengurus Generasi Pesona Indonesia (GENPI). Promosi melalui media radio, cetak dan online dalam bentuk iklan, berita. Sedangkan pada media sosial dalam bentuk video dan foto yang diunggah yang berkaitan dengan keseluruhan rangkainan acara festival Teluk Jailolo. media yang dipilih juga berdasarkan letak geografis dan jenis media yang digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tahapan Pemilihan Media, Promosi, Event
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Mar 2021 09:32
Last Modified: 25 Mar 2021 09:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23598

Actions (login required)

View Item View Item