INTERAKSI SOSIAL ANTARA PT ANGKASA PURA I (PERSERO) YOGYAKARTA DENGAN PARA TENANTS DI BANDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

CLAUDIA, ALVINA AYU (2019) INTERAKSI SOSIAL ANTARA PT ANGKASA PURA I (PERSERO) YOGYAKARTA DENGAN PARA TENANTS DI BANDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
SOS 005760.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
SOS 105760.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
SOS 205760.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
SOS 305760.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
SOS 405760.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

PT Angkasa Pura 1 (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengelolaan transportasi udara dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu bandara yang dikelola yaitu Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta yang aktif melayani penerbangan domestik dan internasional. Dalam bandara ini tersedia beragam fasilitas, salah satunya yaitu ruang bagi para tenants baik dari perusahaan nasional maupun internasional untuk membuka beragam bisnis di bandara. Hal ini telah cukup membantu para pengguna jasa bandara, akan tetapi tentu saja ada proses-proses yang telah dilalui oleh kedua belah pihak selama menjadi rekan bisnis. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana interaksi sosial yang selama ini terjalin antara PT Angkasa Pura I (Persero) Yogyakarta selaku pemilik lahan dengan para tenants di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi serta pengumpulan data dari berita-berita yang dimuat dalam media massa baik elektronik maupun tercetak yang berhubungan dengan topik penelitian. Melalui proses wawancara dan observasi yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa interaksi sosial antara kedua belah pihak mulai terjadi pada awal pendaftaran seleksi ruang komersial di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Interaksi sosial lain terjadi saat menjalin kerja sama bisnis yang meliputi inspeksi oleh Bagian Retail, Food & Beverage Sales di lapangan, sosialisasi dan pelatihan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), pada acara-acara yang diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura 1 (Persero) Yogyakarta dan interaksi pada saat terjadi konflik baik antara sesama pengelola tenants maupun dengan PT Angkasa Pura 1 (Persero) Yogyakarta. Kemudian berdasarkan pada analisis yang telah dilakukan, hubungan kerja sama bisnis yang terjalin dapat merupakan bentuk hubungan simetris dan asimetris. Hubungan simetris terlihat melalui kerja sama events yang diadakan sedangkan hubungan asimetris terjadi saat ada konflik antara kedua belah pihak dan terlihat dari perjanjian kerja sama yang dibuat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial, PT Angkasa Pura 1 (Persero) Yogyakarta, tenants.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Mar 2021 11:14
Last Modified: 25 Mar 2021 11:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23606

Actions (login required)

View Item View Item