PENERAPAN PERENCANAAN KOMUNIKASI DALAM PROGRAM MITRA LOTTE GROSIR (Studi Kasus pada Lotte Grosir Yogyakarta)

DEWANATA, EDUARDUS PANDU (2019) PENERAPAN PERENCANAAN KOMUNIKASI DALAM PROGRAM MITRA LOTTE GROSIR (Studi Kasus pada Lotte Grosir Yogyakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
KOM 005550.pdf

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM 105550.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
KOM 205550.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
KOM 305550.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM 405550.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Perencanaan komunikasi dalam arti yang sederhana adalah cara dalam membangun komunikasi yang efektif, sedangkan dalam kerangka yang lebih luas perencanaan komunikasi diperlukan untuk menyusun strategi agar program yang dibuat dapat berjalan dan mencapai tujuannya. Perencanaan komunikasi diperlukan untuk mengimplementasikan program-program yang ingin dicapai, baik untuk pencitraan, pemasaran, penyebarluasan gagasan, kerja sama, atau pembangunan infrastruktur komunikasi. Perencanaan komunikasi sendiri juga dapat dikaitkan sebagai upaya dalam pembangunan sosial ekonomi dan perubahan sosial, oleh sebab itu perencanaan komunikasi akan selalu berkembang sesuai perkembangan masyarakat dan teknologi. Pada penelitian ini peneliti berfokus pada penerapan perencanaan komunikasi dalam program Mitra Lotte Grosir di Lotte Grosir Yogyakarta. Program tersebut adalah program Semi Corporate Social Responsibility dengan konsep kemitraan. Tujuan dari program tersebut adalah membangun kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat serta sebagai strategi Lotte dalam memenangkan kompetisi melawan kompetitor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitaif dengan penyajian dan pendeskripsian data berdasarkan hasil wawancara dan studi kasus. Terdapat dua kelompok narasumber dalam penelitian ini, yaitu narasumber utama yang terdiri dari Store General Manager, New Business Manager, dan Section HeadHuman Resource Development Lotte Grosir Yogyakarta. Narasumber kedua adalah mitra dari program Mitra Lotte Grosir di Lotte Grosir Yogyakarta. Penelitian ini menunjukan bahwa secara umum perencanaan komunikasi dalam program Mitra Lotte Grosir di Lotte Grosir Yogyakarta sudah diterapkan sesuai dengan Tahapan Perencanaan Komunikasi dan Model Perencanaan Komunikasi walaupun belum dilakukan secara maksimal. Selain itu, terdapat juga pengaruh kuat dari kebijakan kantor pusat Lotte Indonesia pada saat proses perencanaan dan pelaksanaan program.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Komunikasi, Tahapan Perencanaan Komunikasi, Model Perencanaan Komunikasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Mar 2021 13:55
Last Modified: 25 Mar 2021 13:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23610

Actions (login required)

View Item View Item