REPRESENTASI ISU PADA MASA KAMPANYE PEMILIHAN PRESIDEN 2019 (Analisis Semiotika Dalam Komik Strip Akun Instagram @poliklitik)

SENDUK, MARIO RICKY PIERE (2019) REPRESENTASI ISU PADA MASA KAMPANYE PEMILIHAN PRESIDEN 2019 (Analisis Semiotika Dalam Komik Strip Akun Instagram @poliklitik). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
KOM 005478.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM 105478.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
KOM 205478.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text (BAB IIII)
KOM 305478.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM 405478.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Pemilihan Presiden 2019 merupakan bagian dari sejarah diadakannya pemilu serentak di Indonesia. Pemilihan ini tidak hanya memilih Presiden dan Wakil Presiden saja, melainkan juga memilih anggota DPR, DPD, dan DPRD. Pemilihan Presiden 2019 kemudian menjadi fenomena baru bagi proses demokrasi di Indonesia. Selama kampanye pemilihan presiden 2019 berlangsung, terdapat berbagai macam konflik yang diakibatkan oleh perbedaan pilihan politik antara kubu petahana dan oposisi, yaitu Jokowi dan Prabowo. Konflik tersebut memberikan dampak negatif yang cukup signifikan pada masyarakat di Indonesia, sehingga banyak masyarakat lelah dan frustasi terhadap kontestasi politik yang ada selama kampanye pemilihan presiden 2019 tersebut berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi kualitatif dengan metode analisis tanda Roland Barthes. Pembacaan tanda-tanda tersebut dibagi menjadi tiga tahap, yaitu denotatif, konotatif dan mitos. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara denotatif, komikus Poliklitik lebih dominan memasukan elemen komik dari sisi warna, balon kata, dan caption dalam menggambarkan tanda. Secara konotatif, isu yang diangkat oleh komikus melalui warna, balon kata, dan caption menyimpulkan bahwa komikus ingin merepresentasikan sebuah kritik dari komikus sendiri terhadap isu�isu yang terjadi selama masa kampanye pemilihan presiden 2019 berlangsung. Dengan ditemukannya isu berdasarkan tanda konotatif, maka muncul mitos dan ideologi yang mewakili mengapa tanda-tanda dalam komik strip ini terbentuk.Mitos dan ideologi tersebut yang ditemukan menyimpulkan bahwa konflik�konflik selama masa kampanye pemilihan presiden 2019 terjadi karena masyarakat tidak menyadari tentang adanya politik kepentingan di dalamnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Presiden 2019, Poliklitik, Representasi, Semiotika
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Mar 2021 10:39
Last Modified: 26 Mar 2021 10:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23617

Actions (login required)

View Item View Item