PEMANFAATAN JARINGAN SOSIAL PT TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN & RATU BOKO DALAM UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN DOMESTIK DAN MANCANEGARA

Sari, Melinda Ratna Permata (2019) PEMANFAATAN JARINGAN SOSIAL PT TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN & RATU BOKO DALAM UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN DOMESTIK DAN MANCANEGARA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
SOS 05698.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
SOS 15698.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
SOS 25698.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
SOS 35698.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
SOS 45698.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui jenis jaringan sosial, fungsi jaringan sosial yang dimiliki oleh PT TWC, dan Pemanfaatan yang dirasakan PT TWC dari jaringan sosial yang telah terjalin dengan para mitra. Adapun yang menjadi latar belakang dari skripsi ini melihat bahwa adanya perbedaan jumlah pengunjung wisatawan antara PT TWC dengan Angkor Wat Kamboja yang sama-sama merupakan sebuah cultural heritage yang ditetapkan oleh UNESCO. Hal ini terlihat dimana Angkor Wat dapat mencapai 2,5 Juta pengunjung wisatawan mancanegara pertahunnya, sedangkan Candi Borobudur yang dikelola oleh PT TWC hanya 10% di bawahnya yaitu 250 ribu jumlah pengunjung wisatawan mancanegara per tahunnya. Teori yang digunakan dalam skripsi ini yaitu teori mengenai Jaringan Sosial, dimana teori pada jaringan sosial ini berfokus pada jenis jaringan sosial dan fungsi jaringan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskritif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Lokasi penelitian dilakukan di Kantor Pusat PT TWC yang berada di Jalan Jogja-Solo KM 16, Prambanan, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa PT TWC hanya memiliki dua jenis jaringan sosial, dua fungsi jaringan sosial, dan tiga manfaat yang dirasakan PT TWC dari jaringan sosial yang telah terjalin ini. PT TWC hanya memiliki dua jenis jaringan sosial yaitu jaringan sosial kepentingan dan kekuasaan. Sedangkan fungsi jaringan sosial bagi PT TWC yaitu berfungsi sebagai pelicin dan sebagai perekat. Manfaat dari jaringan sosial yang telah terjalin antara PT TWC dengan para mitra ini adalah dalam bidang penjualan, promosi, dan periklanan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jaringan Sosial, Jenis dan Fungsi Jaringan Sosial, Pemanfaatan
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Apr 2021 13:16
Last Modified: 06 Apr 2021 13:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23672

Actions (login required)

View Item View Item