LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PENGEMBANGAN TERMINAL PALBAPANG DI KABUPATEN BANTUL DENGAN MEMPERTAHANKAN SPIRIT OF PLACE

ANDRIAN, ARGA BAGUS (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PENGEMBANGAN TERMINAL PALBAPANG DI KABUPATEN BANTUL DENGAN MEMPERTAHANKAN SPIRIT OF PLACE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
TA 016241.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA 116241.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA 216241.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TA 316241.pdf

Download (885kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA 416241.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB V)
TA 516241.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA 616241.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Terminal Palbapang merupakan peninggalan sejarah yang masih terdapat dibagian Kabupten. Sekian ratus tahun Belanda menjajah Indonesia, tentu banyak peninggalan yang tersisa. Entah itu berupa kebudayaan atau bangunan tua yang masih digunakan atau terbiarkan begitu saja. Di Yogyakarta sendiri, terdapat beberapa bangunan peninggalan Belanda yang hingga kini masih bisa dilihat secara jelas, salah satunya adalah Eks Stasiun Palbapang Bantul. Stasiun Palbapang (PLP) adalah stasiun kereta api nonaktif yang berada di Dusun Karasan, Kecamatan Palbapang, Kabupaten Bantul. Kemudian sampai saat ini, Stasiun Palbapang difungsikan sebagai terminal Bus Palbapang. Meski sudah dialih fungsikan, bentuk asli bangunannya tetap dipertahankan. Terminal Palbapang akan dikembangakan untuk menunjang kebutuhan pengunjung sekaligus sebagai daya dukung Bandar Udara Baru, Rancangan pengembangan tetap mempertahankan Karakternya sebagai ciri khas bangungan Cagar Budaya. Pengolahan ruang diperoleh dari prinsip – prinsip konservasi arsitektur, sedangkan bidang pembentuk ruang dan sirkulasi didapat dari hasil analisis Spirit of place pada bangunan terminal dari masa awal berdirinya hingga perkembangan terakhir.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terminal Palbapang, Prinsip Konservasi,Spirit of Place
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Apr 2021 11:00
Last Modified: 20 Apr 2021 11:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23784

Actions (login required)

View Item View Item