INFORMASI HOAKS DALAM GRUP WHATSAPP KELUARGA (Studi Pemetaan Informasi Hoaks dalam Grup WhatsApp Keluarga di Kalangan Mahasiswa/i S1 Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

SOETANTO, LAURENSIA DEWI (2019) INFORMASI HOAKS DALAM GRUP WHATSAPP KELUARGA (Studi Pemetaan Informasi Hoaks dalam Grup WhatsApp Keluarga di Kalangan Mahasiswa/i S1 Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
KOM 005791.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM 105791.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
KOM 205791.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
KOM 305791.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM 405791.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hoaks menjadi salah satu permasalahan serius di Indonesia. Faktanya bahwa pertumbuhan pengguna internet berkontribusi terhadap semakin maraknya fenomena penyebaran hoaks, salah satunya melalui aplikasi WhatsApp Messenger. Riset DailySocial.id menyatakan WhatsApp menduduki peringkat kedua sebagai saluran penyebar hoaks terbanyak. Belakangan diketahui peredaran informasi hoaks lebih dominan melalui grup WhatsApp bila dibandingkan dengan media sosial lain, grup WhatsApp keluarga misalnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan serta memetakan persebaran informasi hoaks dalam grup WhatsApp keluarga di kalangan mahasiswa/i Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sumber data berupa data primer melalui pembagian angket secara online dan data sekunder berupa jurnal dan penelitian terdahulu. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis tabulasi silang dibantu menggunakan software SPSS dengan tujuan agar data primer yang telah terkumpul lebih mudah dipahami dan ringkas. Berdasarkan pengumpulan data serta analisis yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa subyek dalam penelitian ini menerima informasi hoaks di grup WhatsApp keluarga dengan intensitas cukup rendah. Adapun hasil pemetaan yang didapatkan adalah: Pertama, misinformasi menjadi kategori informasi hoaks yang paling sering diterima. Kedua, hoaks kesehatan menjadi jenis informasi hoaks yang paling sering diterima. Ketiga, hoaks berbentuk tulisan mendominasi sebagai bentuk hoaks yang paling sering diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemetaan Informasi Hoaks, Grup WhatsApp Keluarga, Aplikasi WhatsApp.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Apr 2021 13:13
Last Modified: 28 Apr 2021 13:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23842

Actions (login required)

View Item View Item