PATRIA, BONAFENTURA ANDIKA GITA (2020) PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI KENDARAAN VESPA (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @li.bs.coot). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
KOM 005322.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
KOM 105322.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
KOM 205322.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
KOM 305322.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB IV)
KOM 405322.pdf Download (710kB) | Preview |
Abstract
Strategi komunikasi dibutuhkan sebagai bentuk perencanaan penyampaian pesan kepada audiens. Tahapan strategi komunikasi memungkinkan dibuat secara rinci dan melalui proses riset sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Hal tersebut juga diaplikasikan pada media sosial, fokus pada penelitian ini adalah tahapan strategi komunikasi yang digunakan pada media sosial Instagram. Tahapan strategi komunikasi meliputi, menetapkan komunikator, menetapkan target sasaran, dan analisis kebutuhan khalayak, teknik menyusun pesan, memilih media komunikasi, produksi media, penyebarluasan media komunikasi, menganalisis efek komunikasi, memobilisasi kelompok berpengaruh, penetapan rencana anggaran, penyusunan jadwal kegiatan, penetapan tim kerja, evaluasi dan audit komunikasi. Libscoot (Liberates Scooter) merupakan salah satu media di Yogyakarta yang secara khusus membahas segala hal terkait dengan kendaraan Vespa atau skuter. Libscoot memanfaatkan media sosial Instagram sebagai saluran komunikasinya dengan audiens yang sebagian besar merupakan pegiat Vespa. Strategi komunikasi melalui media sosial Instagram digunakan Libscoot agar komunikasi dan informasi yang disalurkan tepat sasaran dan maksimal mengingat banyaknya pegiat atau komunitas Vespa yang menggunakan media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan strategi komunikasi Libscoot dalam memberikan informasi kendaraan Vespa kepada audiens melalui Instagram. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi Libscoot memberikan informasi kendaraan Vespa melalui media sosial Instagram. Libscoot menggunakan konten-konten yang dikategorisasi dan dibalut dengan interaksi yang memungkinkan audiens agar dapat tertarik untuk mengulik informasi kendaraan Vespa. Tahapan strategi komunikasi yang digunakan berbasis dari riset yang dilakukan oleh Libscoot sehingga pesan yang disampaikan bersifat informatif dan tepat pada sasaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, Libscoot, Media sosial, Instagram |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 13:27 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 13:27 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23843 |
Actions (login required)
View Item |