PENGARUH TERPAAN SERIES SOTUS:THE SERIES TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KEHIDUPAN GAY PADA FOLLOWERS AKUN TWITTER @THAIIFESS

Sanjaya, Martina Elita (2021) PENGARUH TERPAAN SERIES SOTUS:THE SERIES TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KEHIDUPAN GAY PADA FOLLOWERS AKUN TWITTER @THAIIFESS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Martina Elita Sanjaya)
14 09 05263 1.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 09 05263 2.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 09 05263 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
14 09 05263 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
14 09 05263 5.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan makin banyaknya pengguna internet di dunia membuat penggunaan media sosial mengalami peningkatan yang cukup pesat. Salah satunya seperti penggunaan media sosial Twitter. Terdapat beberapa akun menfess di Twitter, salah satunya adalah akun Twitter @thaiifess yang membahas berbagai macam hal mengenai Thailand seperti series, musik, bahasa, budaya, dan sebagainya. Dalam penelitian ini yang akan menjadi fokus adalah apakah terpaan dari series boys love dari GMMTV dapat mempengaruhi pengetahuan dari para penonton series tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh terpaan media dari SOTUS: The Series terhadap pengetahuan followers akun Twitter @thaiifess. Dalam penelitian ini, terpaan media dilihat dari tiga aspek yaitu frekuensi, perhatian (atensi), dan durasi. Sedangkan pengetahuan dalam penelitian ini dilihat dari tingkatannya yaitu Tahu (know), Memahami (comprehension), Aplikasi (application), Analisis (analysis), Sintesis (synthesis), dan Evaluasi (evaluation) . Penelitian ini dilakukan kepada 269 orang followers akun Twitter @thaiifess yang menjadi sampel penelitian dengan metode purposive sampling. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS 25.00. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan hasil bahwa terpaan media memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan presentase sebesar 75,9% terhadap pengetahuan khalayak. Sehingga dapat dikatakan bahwa terpaan media dari SOTUS:The Series memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pengetahuan khalayak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: terpaan media, pengetahuan, terpaan media terhadap pengetahuan, tingkatan pengetahuan, kultivasi.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 26 Oct 2021 10:25
Last Modified: 26 Oct 2021 10:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25000

Actions (login required)

View Item View Item