STRATEGI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (Studi Kasus pada Usaha Mikro Kecil Menengah Lawe Indonesia)

Gebby, Gabriella (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (Studi Kasus pada Usaha Mikro Kecil Menengah Lawe Indonesia). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GABRIELLA GEBBY)
150905560 1.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905560 2.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905560 3.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
150905560 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img]
Preview
Text
150905560 5.pdf

Download (952kB) | Preview

Abstract

Indonesia terus mengalami permasalahan pembangunan dalam pemberdayaan terhadap perempuan. Hal ini terjadi karena rendahnya partisipasi perempuan dalam pembangunan. Usaha Mikro Kecil Menengah Lawe Indonesia yang merupakan perusahaan sosial dan memiliki nilai yang memperhatikan kondisi sosial yaitu empowering woman dengan memberdayakan perempuan Indonesia untuk mengembangkan potensi diri dan kreativitas melalui pelatihan dan pengembangan fasilitas (www.laweindonesia.com, 2019). Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi pembangunan dalam pemberdayaan perempuan di Usaha Mikro Kecil Menengah Lawe Indonesia. Secara rinci tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep pembangunan dan pemberdayaan serta mendeskripsikan jenis strategi komunikasi pembangunan untuk pemberdayaan perempuan di Usaha Mikro Kecil Menengah Lawe Indonesia yang dijelaskan oleh Harun dan Ardianto (2011). Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan metode studi kasus. Temuan data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan manajerial, pekerja tetap, dan perempuan yang telah memperoleh binaan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah Lawe Indonesia berhasil melakukan pemberdayaan terhadap perempuan yang terlibat dengan program pelatihan yang telah dilakukan. Hal-hal ini dianalisis berdasarkan pemaparan konsep pembangunan dan konsep pemberdayaan serta penjabaran 3 jenis strategi komunikasi yang mencakup strategi media, strategi desain instruksional, dan strategi partisipasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan dan Pemberdayaan, Komunikasi Pembangunan, Strategi Komunikasi Pembangunan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 29 Oct 2021 09:05
Last Modified: 29 Oct 2021 09:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25113

Actions (login required)

View Item View Item