Kirana, Intan (2021) Komponen Komunikasi pada Gerakan Sosial “Go Cage Free” oleh Animal Friends Jogja pada Periode September 2016 - Oktober 2019. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (INTAN KIRANA)
160906045 1.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
160906045 2.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
160906045 3.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text
160906045 4.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) |
||
|
Text
160906045 5.pdf Download (513kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rumusan komponen komunikasi yang ditetapkan oleh Animal Friends Jogja (AFJ) dalam melaksanakan gerakan sosial. Animal Friends Jogja merupakan salah satu lembaga non pemerintahan bersifat non profit yang berdiri sejak tahun 2010, bergerak untuk memperjuangkan kesejahteraan hewan, secara khusus di Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ilmu komunikasi yang berfokus pada konsep strategi komunikasi. Objek penelitian ini adalah komponen komunikasi Animal Friends Jogja, yang nantinya mencakup kesesuaian antar komponen komunikasi, yaitu: 1) Mengenal target sasaran komunikasi, 2) Menentukan media komunikasi, 3) Mengkaji tujuan pesan komunikasi, 4) Menentukan metode komunikasi, dan 5) Menentukan peran komunikator. Selanjutnya, metode dalam penelitian menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan dokumentasi. Wawancara dilakukan bersama Among Prakosa selaku Manajer Kampanye (Narasumber 1) dan Sylvia Maharani selaku Manajer Kampanye (Narasumber 2). Kedua proses wawancara dilakukan secara daring menggunakan salah satu platform video conference. Penentuan narasumber dilakukan berdasarkan keterlibatan kedua narasumber pada periode gerkan sosial yang diteliti, yaitu September 2016 – Oktober 2019. Hasil akhir penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam penyelenggaraan gerakan sosial, Animal Friends Jogja membutuhkan rumusan yang tepat atas kelima komponen komunikasi dan untuk itu telah melakukan analisis terhadap kesesuaian antara: 1) Penentuan target sasaran dengan pengalaman dan gaya hidup tertentu, 2) Pemilihan media komunikasi online maupun offline sesuai kelebihan dan kekurangannya, 3) Pengkajian tujuan pesan baik berupa informasi maupun narasi khusus, 4) Penentuan metode komunikasi sesuai hasil kajian tujuan pesan, dan 5) Pemilihan komunikator dengan kredibilitas dan daya tarik yang dibutuhkan. Meskipun demikian, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Animal Friends Jogja masih membutuhkan optimalisasi pada beberapa komponen komunikasi untuk menghasilkan strategi komunikasi yang optimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komponen komunikasi, Non Government Organization (NGO), Gerakan sosial. |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 10:23 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 10:23 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25116 |
Actions (login required)
View Item |