PENGARUH TERPAAN KONTEN PRANK KASIH MAKANAN KE BANCI CBL TERHADAP PERSEPSI PESERTA VIRTUAL YOUTH DAY 2020 TENTANG KONTEN PRANK TRANSPUAN

Meilany, Cherry (2021) PENGARUH TERPAAN KONTEN PRANK KASIH MAKANAN KE BANCI CBL TERHADAP PERSEPSI PESERTA VIRTUAL YOUTH DAY 2020 TENTANG KONTEN PRANK TRANSPUAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (CHERRY MEILANY)
16 090 5867 1.pdf

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 090 5867 2.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 090 5867 3.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
16 090 5867 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img]
Preview
Text
16 090 5867 5.pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh terpaan konten Prank Kasih Makanan ke Banci CBL terhadap persepsi peserta Virtual Youth Day 2020 Tentang Konten Prank Transpuan, sehingga teori yang digunakan adalah komunikasi, persepsi, dan terpaan media. Terpaan media yang diartikan sebagai keadaan di mana khalayak melihat dan atau mendengarkan suatu tayangan digunakan untuk mengukur pengaruhnya terhadap persepsi yang merupakan kemampuan seseorang untuk menerima, memilih, mengorganisasi, dan mengartikan suatu pesan guna menciptakan gambaran tentang suatu hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitan eksplanatif kuantitatif dengan metode eksperimen Posttest-Only Control Design yang dimodifikasi sehingga alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sample terpilih sebanyak 90 orang yang merupakan peserta Virtual Youth Day 2020. Responden dipilih secara secara acak berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya dan dibagi menjadi 3 kelompok, yang terdiri dari 1 kelompok kontrol dan 2 kelompok eksperimen dengan masing-masing anggota kelompok sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil pengujian validitas dan reliabilitas seluruh instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang dihasilkan terpaan media terhadap persepsi adalah kuat dengan persentase sebesar 31,7%. Hasil ini sekaligus membuktikan bahwa hipotesis yang digunakan di dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh yang signifikan terpaan konten Prank Kasih Makanan ke Banci CBL terhadap persepsi peserta Virtual Youth Day 2020”. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan tingkat persepsi yang dihasilkan dari masing-masing kelompok penelitian yang menunjukkan adanya persepsi yang semakin negatif setelah responden diberikan tingkat terpaan yang lebih tinggi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: terpaan media, persepsi, konten prank, transpuan, waria.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 02 Nov 2021 13:23
Last Modified: 02 Nov 2021 13:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25193

Actions (login required)

View Item View Item