PERSONAL BRANDING PENYANYI DAERAH TINO AME SEBAGAI ARTIST OF BORNEO MELALUI INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @Tinoakaidai)

Maharani, Nessya Putri (2021) PERSONAL BRANDING PENYANYI DAERAH TINO AME SEBAGAI ARTIST OF BORNEO MELALUI INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @Tinoakaidai). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NESSYA PUTRI MAHARANI)
150905644 1.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905644 2.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905644 3.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
150905644 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
150905644 5.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya platform media sosial seiring dengan majunya teknologi, memungkinkan seseorang untuk membentuk personal branding yang baik untuk berbagai kepentingan. Personal branding diartikan dalam banyak terminologi, namun secara garis besar diartikan sebagai sebuah proses yang dilakukan oleh individu untuk menciptakan kesadaran dan visibilitas kepribadian mereka di antara target audiens, yang memungkinkan mereka untuk menonjol dari kerumunan dan mendapatkan kesuksesan pribadi atau profesional. Tino AME sebagai seorang musisi daerah yang mengusung tagline “Artist of Borneo” merupakan seorang musisi daerah yang aktif menggunakan media sosial, terkhusus Instagram untuk membentuk personal branding diri agar bisa menonjol dari para musisi daerah lain, dan bertahan dari persaingan dalam industri musik. Instagram memiliki serangkaian fitur yang memungkinkan Tino untuk membangun personal branding yang baik serta hubungan virtual dengan para penggemarnya. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk melihat bagaimana personal branding yang dilakukan oleh Tino AME di Instagram, sehingga bisa diketahui apa saja nilai unik yang dimiliki, dan bagaimana Tino menggambarkan dirinya di Instagram. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, didapati bahwa Tino AME menggambarkan dirinya sebagai seorang musisi kompeten, peduli dengan kebudayaan, berkepribadian humoris, dan memiliki fokus tentang hak cipta lagu. Tagline “Artist of Borneo” ini membentuk Tino untuk bisa berkarya dengan luas, dan diterima oleh seluruh suku Dayak baik di Indonesia maupun Malaysia. Konten online yang diunggah dan interaksi dengan penggemar melalui Instagram telah membantu Tino dalam pembentukan personal branding ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Instagram, Penyanyi Daerah
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 05 Nov 2021 13:05
Last Modified: 05 Nov 2021 13:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25225

Actions (login required)

View Item View Item