STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN NANOKA SEBAGAI IDOL J-POP DI YOGYAKARTA

Darmawan, Ega Dwiky (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN NANOKA SEBAGAI IDOL J-POP DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ega Dwiky Darmawan)
140905407 1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905407 2.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905407 3.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
140905407 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img]
Preview
Text
140905407 5.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Pesatnya penemuan baru di bidang teknologi informasi dan komunikasi menjadikan manusia semakin produktif dan kreatif. Menjadi salah satu dari subsektor yang telah ditetapkan dalam ekonomi kreatif, musik memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap tingkat perekonomian suatu negara. Globalisasi membuat kita menjadi lebih terbuka dan mengetahui terhadap beragam hal yang ada di negara lain. Salah satu budaya populer yang menyebar ke Indonesia pada saat terjadinya globalisasi ini yaitu J-pop (Japanese Popular Music). Semakin populernya J-pop di kalangan masyarakat Indonesia, semakin banyak juga dari mereka yang mulai menirukan gerakan-gerakan tari, gaya, dan menyanyikan kembali lagu-lagu dari idola mereka lalu berkumpul bersama membentuk suatu kelompok dance cover. Banyaknya grup-grup sejenis di regional yang beraliran musik sejenis mengharuskan sebuah grup yang dalam penelitian ini adalah NANOKA untuk memiliki strategi komunikasi pemasaran yang dapat digunakan untuk mengambil hati para penggemar J-pop yang berada di Yogyakarta secara khusus dan di Indonesia secara umum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara kepada manajemen yang mengelola NANOKA. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh NANOKA sebagai grup idol J-pop di Yogyakarta. Terdapat beberapa strategi komunikasi pemasaran yang disusun oleh manajemen NANOKA agar bisa bersaing dengan kompetitor sesuai dengan tahapan penyusunan komunikasi strategi pemasaran seperti seperti segmentasi, strategi target pemasaran, dan Positioning lalu setelahnya menyusun strategi bauran pemasaran yang efektif hasil dari penentuan segmentasi, strategi target pemasaran, dan Positioning.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi pemasaran, STP, Marketing mix, Budaya Populer.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 08 Nov 2021 10:27
Last Modified: 08 Nov 2021 10:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25236

Actions (login required)

View Item View Item