PENGUNGKAPAN IDENTITAS GENDER MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Pengungkapan Identitas Gender Ketua LSM KEBAYA Melalui Media Sosial Facebook Personal dan LSM KEBAYA)

Siokain, Risca Bonita (2021) PENGUNGKAPAN IDENTITAS GENDER MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Pengungkapan Identitas Gender Ketua LSM KEBAYA Melalui Media Sosial Facebook Personal dan LSM KEBAYA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RISCA BONITA SIOKAIN)
14 090 5528 1.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 090 5528 2.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 090 5528 3.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
14 090 5528 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
14 090 5528 5.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Dengan menggunakan teori komunikasi identitas oleh Michael Hecht, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana pengungkapan identitas gender ketua LSM Kebaya melalui media sosial Facebook personal dan LSM Kebaya. Subjek dalam penelitian ini adalah Vinolia Wakijo (transgender) pendiri LSM Kebaya. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah sepuluh unggahan Vinolia yang memiliki kategori yang berbeda personal, enactment, relational, dan communal. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dokumentasi dan studi pustaka. Dokumentasi dilakukan dengan melakukan screenshot unggahan yang telah dipilih sesuai dengan kriteria pengumpulan data pada Facebook personal dan LSM Kebaya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, Vinolia Wakijo selaku ketua LSM Kebaya secara terbuka mengungkapkan identitasnya sebagai seorang transgender dengan menunjukkan dan mengungkapkan identitas gendernya melalui media sosial Facebook personal dan LSM Kebaya. Adapun berbagai unggahan yang diunggah pada akun media sosial Facebook personal dan LSM Kebaya ditunjukkan melalui cara berpakaian, berpenampilan serta perannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Vinolia Wakijo juga mengunggah aktivitas yang dilakukan bersama dengan para pengurus LSM Kebaya dan rekan kerjanya yaitu lembaga donor serta universitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan, Identitas Gender, Facebook, Transgender
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 09 Nov 2021 11:01
Last Modified: 09 Nov 2021 11:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25252

Actions (login required)

View Item View Item