JENIS PESAN DAN FUNGSI DALAM ARUS KOMUNIKASI ORGANISASI GEREJA IFGF (INTERNATIONAL FULL GOSPEL FELLOWSHIP) JOGJA (Deskriptif Kualitatif dalam Pelaksanaan Kegiatan Super Sunday)

Malaha, Angelita P (2021) JENIS PESAN DAN FUNGSI DALAM ARUS KOMUNIKASI ORGANISASI GEREJA IFGF (INTERNATIONAL FULL GOSPEL FELLOWSHIP) JOGJA (Deskriptif Kualitatif dalam Pelaksanaan Kegiatan Super Sunday). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANGELITA P MALAHA)
140905494 1.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905494 2.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905494 3.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
140905494 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img]
Preview
Text
140905494 5.pdf

Download (771kB) | Preview

Abstract

Sila pertama Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Nilai ketuhanan dipercaya Indonesia dapat menjaga kehidupan moral dan nilai dalam kehidupan, yang dapat ditemui dalam organisasi keagamaan. Gereja merupakan organisasi keagamaan yang mengajarkan nilai ketuhanan, yang dalam visinya menyebarkan injil kebenaran berdasarkan kitab suci (Alkitab). Gereja bersama jemaatnya merupakan satu kesatuan yang bekerja sama mencapai visi dan tujuan gereja, melalui kegiatan ibadah. Kegiatan ibadah gereja merupakan wadah untuk menyampaikan apa yang menjadi tujuan, nilai, dan visi gereja sebagai organisasi keagamaan. Pencapaian tujuan dan visi gereja, tidak lepas dari pesan-pesan komunikasi yang ada dalam struktur pelaksana kegiatan ibadah gereja. Penelitian ini berfokus pada jenis pesan dan fungsi arus komunikasi dalam kegiatan ibadah (Super Sunday) gereja IFGF Jogja. Tujuannya untuk mendeskripsikan jenis pesan dan fungsi arus komunikasi dalam kegiatan Super Sunday IFGF Jogja sebagai suatu organisasi keagamaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam untuk mengeksplorasi jenis pesan dan fungsi arus komunikasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan jenis pesan dan fungsi arus komunikasi ke atas, ke bawah, dan horizontal dalam kegiatan Super Sunday IFGF Jogja. Eksplorasi ini ditemukan jenis pesan dan fungsi komunikasi yang sama juga berbeda dengan teori organisasi, serta keunikan dari kegiatan organisasi gereja. Dengan begitu, pesan dan fungsi komunikasi yang diterapkan arus komunikasi organisasi gereja IFGF Jogja dalam Super Sunday untuk mewujudkan tujuan gereja “People is our mission, connect with God and Make disciple”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jenis Pesan, Arus Komunikasi, Fungsi Komunikasi Organisasi, Organisasi keagamaan.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 11 Nov 2021 09:40
Last Modified: 11 Nov 2021 09:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25276

Actions (login required)

View Item View Item