PERSONAL BRANDING GEDEXXPOLLL BERGENRE FUNKY KOTA DALAM MENGARUNGI INDUSTRI MUSIK DI SURAKARTA

Soeyoedi, Efraim Andhanny Chrisanto (2021) PERSONAL BRANDING GEDEXXPOLLL BERGENRE FUNKY KOTA DALAM MENGARUNGI INDUSTRI MUSIK DI SURAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFRAIM ANDHANNY CHRISANTO SOEYOEDI)
140905487 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905487 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905487 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
140905487 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
140905487 5.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Gedexxpoll adalah grup musik funky kota di Surakarta, untuk dapat bertahan dalam industri permusikan maka perlu adanya personal branding yang melekat sehingga mudah dikenal, diingat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui personal branding Gedexxpolll bergenre funky kota dalam mengarungi industri musik di Surakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Teknik analisis data adalah deskriptif. Triangulasi yang dipergunakan adalah triangulasi sumber dengan membandingkan data antar narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding dari Gedexxpolll pada penelitian ini yang ditinjau dari tiga aspek meliputi kepribadian, perbedaan dan nama baik, dapat peneliti simpulkan dari aspek kepribadian adalah Gedexxpolll fokus bermusik dengan genre funky kota. Musik ini merupakan musik asli Indonesia yang cocok dimainkan untuk bergoyang, dansa, pesta. Gedexxpolll menjadi pionir bagi grup musik yang mengusung konsep funky kota khususnya di Surakarta. Gedexxpolll ingin mengajak kaum muda, milineal untuk menggemakan kembali musik asli Indonesia untuk tidak tergerus dengan musik luar negeri. Perbedaan yang dimiliki oleh Gedexxpolll adalah pada aksi panggungnya terdapat gimmick dan suara audio berupa sirene yang menandakan acara akan segera dimulai. Gimmick untuk membangun interaksi Gedexxpolll dengan penonton. Gedexxpolll dalam aksi panggungnya menggunakan mixtape yang merupakan penggabungan beberapa lagu akan tetapi diubah untuk musik elektro yang digunakan. Pada musiknya juga terdapat instrument musik daerah seperti gamelan, dangdut. Gedexxpolll dalam setiap aksi panggungnya menyesuaikan dengan tema acara, sehingga kostum yang dipakai sesuai dengan tema acara dan unik seperti menggunakan kostum kaos bergambarkan aksi balapan liar, kostum bergambarkan obat-obatan terlarang, alkohol dimana ada pesan yang ingin disampaikan kepada penonton. Aspek nama baik yang dimiliki oleh Gedexxpolll diketahui dari respon dari masyarakat. Respon masyarakat penikmat musik di Surakarta diketahui bahwa Gedexxpolll sudah diterima dengan baik oleh masyarakat dilihat dari antusiasme penonton yang menonton aksi panggung Gedexxpolll. Respon dari followers pada media Instagram @gedexxpoll dengan memberikan like, komentar pada unggahan konten di akun Instagram Gedexxpolll. Gedexxpolll memberikan pengaruh yang baik untuk perkembangan industri permusikan dengan menjaga eksistensi musik funky kota di Surakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Gedexxpoll, Industri Musik
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:08
Last Modified: 23 Nov 2021 11:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25423

Actions (login required)

View Item View Item