PEMBERIAN USULAN PRODUK PADA TOKO GROSIR X DENGAN KONSEP RODUCT ASSORTMENT

Putra, Andika Bonditya (2020) PEMBERIAN USULAN PRODUK PADA TOKO GROSIR X DENGAN KONSEP RODUCT ASSORTMENT. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Andika Bonditya Putra)
150608406_bab 0.pdf

Download (6MB)
[img] Text
150608406_bab 1.pdf

Download (171kB)
[img] Text
150608406_bab 2.pdf

Download (230kB)
[img] Text
150608406_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
150608406_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
150608406_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text
150608406_bab 6.pdf

Download (328kB)

Abstract

Toko grosir X merupakan usaha ritel rintisan hasil dari peralihan usaha ritel eceran X. Usaha ini dimiliki oleh Bapak Jerry Allen Anderson yang terletak di jalan Kabupaten, Sleman, DIY Yogyakarta. Toko ini mengalami permasalah ritel, yaitu dalam tata cara pengelolahan ritel. Pengalaman dan wawasan yang belum cukup dalam menjalankan usahanya, membuat pemilik toko tidak dapat mencapai profit sesuai target pada saat toko eceran X. Pemilik toko melihat bahwa usahanya yang tidak lagi sesuai dengan tujuan awal, membuat pemilik toko memilih untuk mengganti proses bisnis tokonya yang semula bergerak di bidang eceran menjadi grosir. Pemilik toko dalam menjalankan proses bisnis barunya belum bisa mengidentifikasi produk – produk yang berpotensi untuk masuk kedalam penjualan pada toko grosir X dari hasil analisis data transaksi pada saat peralihan toko eceran X menuju toko grosir X. Kemudian bermodal sistem informasi yang memadai dan telah berbentuk digital, toko ini belum mampu mengolah hasil keluaran berupa data transaksi pada saat toko eceran X menuju toko grosir X. Data – data keluaran sistem informasi pada toko ini mengalami penumpukan, padahal jika diolah dengan baik dan benar bisa memunculkan informasi yang bermanfaat untuk membantu toko dalam memunculkan strategi pemecahan permasalahan ritel yang berguna untuk menentukan produk – produk yang berpotensi masuk kedalam penjualan pada toko grosir X dan memberikan keuntungan. Sehingga tahap pertama akan dilakkukan pengolahan data – data transaksi dengan tahap preprocessing guna menyesuaikan data original untuk dapat diolah, dilanjutkan dengan metode analisis ABC dan analisis Data Transaksi, sehingga metode tersebut membantu dalam penentuan strategi pemecahan permasalahan ritel terkait penentuan produk yang berpotensi masuk kedalam penjualan pada toko grosir X baik dijual secara grosir ataupun yang akan dijual secara eceran dengan konsep Product Assortment.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: data transaksi penjualan, tahap preprocessing, klasifikasi ABC, analisis data transaksi, margin profit, produk eceran, produk grosir, product assortment
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: wiwied uajy
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:33
Last Modified: 23 Nov 2021 11:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25424

Actions (login required)

View Item View Item