PERANCANGAN JEMBATAN BAJA SUI. DAK KABUPATEN SINTANG PROPINSI KALIMANTAN BARAT

Manullang, Tetty Hertawati Hasiholan (2010) PERANCANGAN JEMBATAN BAJA SUI. DAK KABUPATEN SINTANG PROPINSI KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS11921.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS11921.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS11921.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS11921.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4TS11921.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (Bab V)
5TS11921.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
6TS11921.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[img]
Preview
Text (Bab VII)
7TS11921.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Perencanaan prasarana transportasi, terutama jembatan memerlukan suatu analisis struktur terhadap gaya – gaya yang bekerja pada jembatan. Perancangan jembatan ini menggunakan faktor beban dalam keadaan batas Utimate Design dengan acuan Pembebanan untuk Jembatan RSNI 4. Panjang total bentang jembatan yang dirancang adalah 60 m, dengan lebar lalu lintas 7 m, lebar trotoar 2 x 1,5 m, tinggi jembatan 10 m. Jarak antara gelagar memanjang 1,25 m dan jarak antar gelagar melintang 5 m..Mutu beton yang digunakan untuk kerb, lantai jembatan dan abutment f”c = 35 MPa, sedangakan mutu beton pilar abutment f”c = 30 MPa. Mutu baja fy = 400 MPa ( BJTD ) untuk Ø > 12 mm sedangkan untuk Ø ≤12 mm menggunakan BJTP. Jembatan yang dirancang adalah jembatan baja Warren Truss. Jembatan baja bentang 60 m menggunakan profil WF 350 x 250 x 9 x 14 ( gelagar memanjang bagian tengah), WF 350 x 350 x 12 x 19 (gelagar memanjang bagian tepi), WF 800 x 600 x 30 x 30 ( gelagar melintang ), WF 800 x 800 x 30 x 30 ( gelagar induk dan diagonal ), WF 350 x 250 x 9 x 14 dan L 200( ikatan angin). Alat penyambung geser untuk lantai komposit digunakan Stud geser 3 inci dengan diameter kepala 3/4 inci. Lantai jembatan dirancang dengan ketebalan 200 mm, sedangkan pekerasan aspal dirancang dengan ketebalan 50 mm. Sambungan yang digunakan untuk merancang jembatan baja yaitu baut dengan diameter 15,8 mm, 19 mm dan 25 mm Struktur bawah yang dirancang adalah abutment dengan lebar fondasi 4 m, panjang 14 m, tinggi abutment 4,31 m. Pondasi yang digunakan adalah fondasi tiang dengan jumlah 12 buah dengan diameter tiang 0,6 m pada abutment. Analisis kekuatan struktur berdasarkan beban-beban yang bereaksi pada struktur jembatan yaitu aksi tetap ( berat sendiri, berat tambahan), aksi transiens ( beban lajur ”D”, gaya rem, beban pejalan kaki), dan aksi lingkungan (beban angin dan beban gempa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gelagar, abutment, fondasi
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jun 2013 13:44
Last Modified: 26 Jun 2013 13:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2575

Actions (login required)

View Item View Item