Manullang, Tetty Hertawati Hasiholan (2010) PERANCANGAN JEMBATAN BAJA SUI. DAK KABUPATEN SINTANG PROPINSI KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS11921.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS11921.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS11921.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS11921.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab IV)
4TS11921.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
Text (Bab V)
5TS11921.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab VI)
6TS11921.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) |
||
|
Text (Bab VII)
7TS11921.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
Perencanaan prasarana transportasi, terutama jembatan memerlukan suatu analisis struktur terhadap gaya – gaya yang bekerja pada jembatan. Perancangan jembatan ini menggunakan faktor beban dalam keadaan batas Utimate Design dengan acuan Pembebanan untuk Jembatan RSNI 4. Panjang total bentang jembatan yang dirancang adalah 60 m, dengan lebar lalu lintas 7 m, lebar trotoar 2 x 1,5 m, tinggi jembatan 10 m. Jarak antara gelagar memanjang 1,25 m dan jarak antar gelagar melintang 5 m..Mutu beton yang digunakan untuk kerb, lantai jembatan dan abutment f”c = 35 MPa, sedangakan mutu beton pilar abutment f”c = 30 MPa. Mutu baja fy = 400 MPa ( BJTD ) untuk Ø > 12 mm sedangkan untuk Ø ≤12 mm menggunakan BJTP. Jembatan yang dirancang adalah jembatan baja Warren Truss. Jembatan baja bentang 60 m menggunakan profil WF 350 x 250 x 9 x 14 ( gelagar memanjang bagian tengah), WF 350 x 350 x 12 x 19 (gelagar memanjang bagian tepi), WF 800 x 600 x 30 x 30 ( gelagar melintang ), WF 800 x 800 x 30 x 30 ( gelagar induk dan diagonal ), WF 350 x 250 x 9 x 14 dan L 200( ikatan angin). Alat penyambung geser untuk lantai komposit digunakan Stud geser 3 inci dengan diameter kepala 3/4 inci. Lantai jembatan dirancang dengan ketebalan 200 mm, sedangkan pekerasan aspal dirancang dengan ketebalan 50 mm. Sambungan yang digunakan untuk merancang jembatan baja yaitu baut dengan diameter 15,8 mm, 19 mm dan 25 mm Struktur bawah yang dirancang adalah abutment dengan lebar fondasi 4 m, panjang 14 m, tinggi abutment 4,31 m. Pondasi yang digunakan adalah fondasi tiang dengan jumlah 12 buah dengan diameter tiang 0,6 m pada abutment. Analisis kekuatan struktur berdasarkan beban-beban yang bereaksi pada struktur jembatan yaitu aksi tetap ( berat sendiri, berat tambahan), aksi transiens ( beban lajur ”D”, gaya rem, beban pejalan kaki), dan aksi lingkungan (beban angin dan beban gempa).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gelagar, abutment, fondasi |
Subjects: | Sipil > Struktur Sipil > Struktur |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 26 Jun 2013 13:44 |
Last Modified: | 26 Jun 2013 13:44 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2575 |
Actions (login required)
View Item |