PERENCANAAN PESAN KOMUNIKASI KOMUNITAS FOTOGRAFI AVIASI INDONESIA MELALUI INSTAGRAM

SASONGKOADJI, CHRISTOPHORUS (2021) PERENCANAAN PESAN KOMUNIKASI KOMUNITAS FOTOGRAFI AVIASI INDONESIA MELALUI INSTAGRAM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CHRISTOPHORUS SASONGKOADJI)
140905445 0.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905445 1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905445 2.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
140905445 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
140905445 4.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Perencanaan pesan komunikasi yaitu sebuah proses dalam merencanakan suatu pesan yang dilakukan oleh banyak orang untuk mencapai suatu tujuan. Pada penelitian ini, peneliti ingin membahas bagaimana Komunitas Fotografi Aviasi Indonesia dalam melakukan perencanaan pesan melalui Instagram. Bagaimana sebuah informasi diproses melalui sebuah perencanaan komunikasi untuk mencapai sebuah tujuan, yaitu menyampaikan informasi mengenai dunia aviasi melalui fotografi di Instagram. Teori yang dipakai dalam penelitian ini antara lain perencanaan pesan, strategi komunikasi, dan media sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan dua humas KFAI sebagai admin Instagram @kfa_indonesia dan juga ketua pengurus KFAI, serta studi dokumentasi menggunakan beberapa contoh unggahan KFAI di Instagram. Hasil penelitian ini yaitu proses perencanaan komunikasi Komunitas Fotografi Aviasi Indonesia menggunakan Instagram dalam menyampaikan informasi. Pertama, pada proses perencanaan pesan, KFAI mendapatkan informasi dari pemangku kepentingan di dunia penerbangan. Kemudian setelah mendapatkan informasi, KFAI mengolah informasi yang telah didapat dengan teknik penyampaian pesan yang bersifat informatif seperti; Space Order, Time Order, Inductive Order, dan Deductive Order. Setelah informasi yang telah dikumpulkan diolah, informasi tersebut kemudian diunggah melalui Instagram dengan melakukan repost hasil fotografi yang berkaitan dengan informasi yang ingin disampaikan, dengan mencantumkan caption berupa informasi yang telah didapatkan dan diolah sebelumnya. Setelah itu, KFAI akan melakukan evaluasi tahunan yang membahas mengenai bagaimana respon masyarakat terhadap informasi yang diberikan, berapa banyak jumlah posting dalam setahun, serta apakah hasil fotografi dan informasi telah diunggah secara merata dari setiap region keanggotaan KFAI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perencanaan pesan, strategi komunikasi, media sosial.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 08 Dec 2021 10:21
Last Modified: 08 Dec 2021 10:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25810

Actions (login required)

View Item View Item