PENGARUH KREDIBILITAS, KUALITAS PENDEKATAN EMOSIONAL, DAN KUALITAS ISI PESAN TERHADAP EFEKTIVITAS KAMPANYE “LOVE MYSELF” (Analisis Retorika Kuantitatif Eksplanatif Kepada Followers Akun Twitter @armyindonesiaa2)

Meme, Antonia (2021) PENGARUH KREDIBILITAS, KUALITAS PENDEKATAN EMOSIONAL, DAN KUALITAS ISI PESAN TERHADAP EFEKTIVITAS KAMPANYE “LOVE MYSELF” (Analisis Retorika Kuantitatif Eksplanatif Kepada Followers Akun Twitter @armyindonesiaa2). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANTONIA MEME)
175502771 1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
175502771 2.pdf

Download (947kB) | Preview
[img] Text
175502771 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
175502771 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img]
Preview
Text
175502771 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kampanye sosial yang sukses diciptakan dari elemen-elemen seperti menyasar target audiens yang sempit, mengkreasikan pesan kampanye, mengembangkan teori perubahan, dan menggunakan komunikator yang tepat. Hal ini dirumuskan dalam aspek retorika yaitu kredibilitas, sisi emosional, dan isi pesan pada kampanye “Love Myself” yang dilakukan oleh K-pop Grup BTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas, kualitas pendekatan emosional, dan kualitas isi pesan dari K-pop Grup BTS terhadap efektivitas kampanye “Love Myself” . Penelitian ini menggunakan teori retorika yang berfokus pada aspek-aspek ethos (kredibilitas), pathos (emosional), dan logos (logika). Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner online. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling, kuota sampling, unit populasi yang jatah besarannya telah ditentukan oleh peneliti. Populasinya adalah jumlah followers akun Twitter @armyindonesiaa2 sebanyak 35.164 sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 395. Teknik analisa data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menghasilkan model akhir di mana terdapat enam hubungan variabel yang tidak signifikan. Pengujian model dihasilkan model akhir tidak lebih fit dibandingkan hipotesis model. Hasil total effect menghasilkan yang terbesar untuk membentuk variabel efektivitas kampanye “Love Myself”. Kesimpulan tidak ada pengaruh kredibilitas K-pop Grup BTS dan tidak ada pengaruh kualitas pendekatan emosional terhadap efektivitas kampanye “Love Myself”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas, Pendekatan emosional, Isi pesan, Efektivitas kampanye
Subjects: Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Komunikasi Publik
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 10 Dec 2021 08:59
Last Modified: 10 Dec 2021 08:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25883

Actions (login required)

View Item View Item