STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN JUMLAH MAHASISWA BARU DI MASA PANDEMI COVID-19

UTOMO, IMANUEL NURWIDASIH AJI (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN JUMLAH MAHASISWA BARU DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMANUEL NURWIDASIH AJI UTOMO)
160906119 0.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906119 1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906119 2.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
160906119 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
160906119 4.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang diartikan sebagai perencanaan yang terdiri atas; (1) analisis faktor internal; (2) segmentasi pasar; (3) analisis kompetitor; (4) respon konsumen di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan juga implementasi yang dianalisis melalui bauran komunikasi pemasaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah pihak yang bertanggung jawab kepada promosi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yaitu Kantor Kerjasama dan Promosi (KKP) dan Kantor Humas, Sekretariat, dan Protokoler (KHSP). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Uji dan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Data dianalisis dengan model dari Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran pihak promosi Universitas Atma Jaya Yogyakarta melakukan perencanaan dengan analisis kekuatan kampus, menentukan pasar dan sasaran sekolah, melakukan diskusi mendalam dengan rektorat dalam membuat program yang menarik dan terkini, menelaah respon konsumen dengan menganalisis asal sekolah calon mahasiswa dan respon melalui survei. Pihak promosi melakukan implementasi menggunakan beberapa komponen bauran komunikasi pemasaran yaitu; (1) Periklanan; (2) Promosi Penjualan; (3) Humas dan Publisitas; (4)Direct Marketing; (5) Word-of-Mouth dan (6) Personal selling.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Pemasaran
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 10 Dec 2021 11:24
Last Modified: 10 Dec 2021 11:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25905

Actions (login required)

View Item View Item