UTOMO, IMANUEL NURWIDASIH AJI (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN JUMLAH MAHASISWA BARU DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (IMANUEL NURWIDASIH AJI UTOMO)
160906119 0.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
160906119 1.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
160906119 2.pdf Download (698kB) | Preview |
|
Text
160906119 3.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
|
Text
160906119 4.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang diartikan sebagai perencanaan yang terdiri atas; (1) analisis faktor internal; (2) segmentasi pasar; (3) analisis kompetitor; (4) respon konsumen di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan juga implementasi yang dianalisis melalui bauran komunikasi pemasaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah pihak yang bertanggung jawab kepada promosi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yaitu Kantor Kerjasama dan Promosi (KKP) dan Kantor Humas, Sekretariat, dan Protokoler (KHSP). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Uji dan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Data dianalisis dengan model dari Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran pihak promosi Universitas Atma Jaya Yogyakarta melakukan perencanaan dengan analisis kekuatan kampus, menentukan pasar dan sasaran sekolah, melakukan diskusi mendalam dengan rektorat dalam membuat program yang menarik dan terkini, menelaah respon konsumen dengan menganalisis asal sekolah calon mahasiswa dan respon melalui survei. Pihak promosi melakukan implementasi menggunakan beberapa komponen bauran komunikasi pemasaran yaitu; (1) Periklanan; (2) Promosi Penjualan; (3) Humas dan Publisitas; (4)Direct Marketing; (5) Word-of-Mouth dan (6) Personal selling.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Komunikasi, Pemasaran |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 11:24 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 11:24 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25905 |
Actions (login required)
View Item |