RESEPSI KHALAYAK TENTANG PESAN HUBUNGAN ORANG TUA DAN ANAK DALAM CHANNEL YOUTUBE FADIL JAIDI

LAKBURLAWAL, BRAYEN HERDIN INDRAWAN (2021) RESEPSI KHALAYAK TENTANG PESAN HUBUNGAN ORANG TUA DAN ANAK DALAM CHANNEL YOUTUBE FADIL JAIDI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BRAYEN HERDIN INDRAWAN LAKBURLAWAL)
170906196 0.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906196 1.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906196 2.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
170906196 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img]
Preview
Text
170906196 4.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Youtube adalah salah satu media baru yang memiliki pengguna aktif tertinggi di Indonesia. Konten vlog-family hadir menjadi konten yang banyak digemari oleh pengguna Youtube. Konten-konten tersebut juga merupakan bentuk pesan mengenai hubungan orang tua dan anak atau komunikasi dalam keluarga melalui tanda dan simbol yang memberi peluang atas pembentukan makna oleh khalayak luas. Channel Youtube Fadil Jaidi juga menyajikan tayangan vlog-family dengan konsep merekam keseharian keluarganya maupun adegan-adegan lucu bersama orang tuanya. Adegan-adegan yang menjadi kode dominan dalam konten Youtube Fadil Jaidi menjadi latar belakang penelitian ini guna melihat posisi resepsi penonton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui resepsi penonton tentang hubungan orang tua dan anak dalam channel Youtube Fadil Jaidi. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis resepsi menggunakan model encoding-decoding oleh Stuart Hall. Dengan melakukan wawancara kepada lima informan, peneliti menggali pemaknaan penonton berfokus pada tiga konten dalam channel Youtube Fadil Jaidi. Penelitian ini menunjukkan bahwa posisi decoding terhadap konten berjudul ‘My Family My Adventure’ di dominasi oleh posisi negosiasi oleh tiga informan, sementara dua informan lainnya berada di posisi hegemonik-dominan. Pada konten berjudul ‘Izin Tinggal Sendiri’ di dominasi oleh posisi hegemonikdominan oleh tiga informan, sementara lainnya berada pada posisi negosiasi dan oposisi. Terakhir konten berjudul ‘BYEEE’ kelima informan berada pada posisi hegemonik-dominan. Pemaknaan yang diberikan tidak terlepas pada faktor framework of knowledge, relations of consumption dan technical infrastructure yang membentuk kerangka berpikir informan dalam memaknai hubungan orang tua dan anak. Beberapa hal yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa informan memandang orang tua perlu melihat sudut pandang anak dengan tidak terpaku pada nilai-nilai yang dibawa dari generasinya dan orang tua perlu menempatkan diri sebagai sahabat untuk anak bukanlah figur otoritas serta posisi sebagai anak perlu melihat kembali dan melakukan filterisasi ketika hendak berinteraksi dengan orang tua.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Fadil Jaidi, Orang Tua & Anak, Youtube
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 10 Dec 2021 14:15
Last Modified: 10 Dec 2021 14:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25915

Actions (login required)

View Item View Item