ANALISIS MANAJEMEN RISIKO YANG MEMPENGARUHI KONTRAKTOR PADA PELAKSANAAN PROYEK JALAN DAN GEDUNG DI KABUPATEN MALINAU-KALIMANTAN UTARA

Gulindo, Hero Anda (2021) ANALISIS MANAJEMEN RISIKO YANG MEMPENGARUHI KONTRAKTOR PADA PELAKSANAAN PROYEK JALAN DAN GEDUNG DI KABUPATEN MALINAU-KALIMANTAN UTARA. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Hero Anda Gulindo)
175102692_bab 0.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
175102692_bab 1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
175102692_bab 2.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
175102692_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
175102692_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img]
Preview
Text
175102692_bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam industri konstruksi yang memiliki beragam jenis proyek dengan besaran volume yang harus dikerjakan, serta rumit dan kompleksnya metode pelaksanaan yang terjadi di lapangan, pasti memiliki beragam jenis risiko yang berpengaruh dalam pelaksanaan konstruksi. Faktor risiko ini timbul dari berbagai sumber, serta bervariasi baik dalam kemungkinan terjadinya, besarnya pengaruh atau dampak yang ditimbulkan. Kontraktor sebagai pihak pelaksana konstruksi pada umumnya akan menghadapi faktor-faktor risiko yang dapat menghambat kesuksesan proyek dan tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja kontraktor itu sendiri, agar tetap dapat bersaing dalam dunia konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui risiko yang memiliki dampak dan jenis-jenis risiko yang sangat sering terjadi terhadap kinerja kontraktor pada pelaksanaan Proyek infrastruktur Jalan dan proyek bangunan Gedung di Kab. Malinau, dan mengetahui ada tidaknya perbedaan dampak dan jenis risiko yang sering terjadi diproyek infrastruktur jalan dengan proyek bangunan Gedung. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Kuesioner disebarkan kepada perusahaan- perusahaan kontraktor yang berada di Kab Malinau (Kalimantan Utara). Metode analisis yang digunakan adalah mean, standar deviasi dan Uji T, Dari hasil analisis mean dan standar deviasi kita dapat mengetahui hasil dampak dan jenis-jenis risiko yang sering terjadi mana yang paling berpengaruh pada pelaksanaan proyek Gedung maupun proyek jalan. Pada hasil analisis uji-T mengenai peryataan antara responden proyek konstruksi Gedung dan proyek jalan , didapatkan kesamaan atau tidak terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada dampak dan risiko yang sering terjadi antara pelaksanaan proyek konstruksi Gedung dan jalan, nilai signifikan > 0.05 yang berarti terdapat persamaan antara dampak risiko dan risiko yang sering terjadi pada pelaksanaan proyek infrastruktur jalan dan bangunan Gedung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko, kontraktor, Gedung dan Jalan
Subjects: Magister Teknik Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Feb 2022 16:40
Last Modified: 04 Feb 2022 16:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26184

Actions (login required)

View Item View Item