PROSES PENYAMPAIAN PESAN PERSUASI DALAM PROGRAM EDUKASI MELANGSING SEHAT (Periode Bulan Oktober-Desember 2020 di

PRATAMA, WAHYU DAHLIA PUTRI (2021) PROSES PENYAMPAIAN PESAN PERSUASI DALAM PROGRAM EDUKASI MELANGSING SEHAT (Periode Bulan Oktober-Desember 2020 di. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (WAHYU DAHLIA PUTRI PRATAMA)
160905881 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905881 1.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905881 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
160905881 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
160905881 4.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan realita yang ada saat ini dan disertai dengan data penelitian dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) bahwa angka obesitas di Indonesia tergolong cukup tinggi dan terus mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan sebagai salah satu dampak kemajuan teknologi yang sudah mampu membantu pekerjaan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah. Hal ini menimbulkan pola hidup malas bergerak (mager) dan kemudian tidak disertai dengan pola makan yang seimbang gizi sehingga mampu menimbulkan obesitas dan penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan stroke. Penelitian ini membahas tentang Proses Penyampaian Pesan Persuasi dalam Program Edukasi Melangsing Sehat (Periode Bulan Oktober-Desember 2020 di Nutrition Club Herbalife Binar Ria). Objek penelitian ini yaitu suatu program yang disponsori oleh Herbalife Nutrition untuk mengajak banyak orang agar mau mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan mengatur pola makan dan rajin olah raga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa proses penyampaian pesan dalam Program Edukasi Melangsing Sehat terjadi secara sirkular dimana pelaku komunikasi yaitu komunikator dan komunikan dapat saling menyampaikan pesan dan selalu memunculkan adanya feedback. Komunikator pertama yaitu coach yang menyampaikan pesan persuasi berupa materi edukasi kemudian coachee menerima pesan dan memberikan feedback. Penyampaian pesan persuasi ini dilakukan dengan dua cara yaitu offline (tatap muka) dan online (Whatsapp Group, Zoom Meeting, Youtube Live). Pesan yang disampaikan berupa materi edukasi yang bersifat persuasi yang bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, serta mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan aktif. Pesan persuasi yang disampaikan dalam Program Edukasi Melangsing Sehat memerhatikan terkait syarat pesan persuasi dan format pesan persuasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Penyampaian Pesan Sirkular, Pesan Persuasi, Edukasi Kesehatan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 11 Feb 2022 13:00
Last Modified: 11 Feb 2022 13:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26291

Actions (login required)

View Item View Item