PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT INDONESIA DALAM KELAS DARING (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Instruksional Edukator Tuli dan Siswa Dengar pada Angkatan 1 Kelas Daring Bahasa Isyarat Indonesia A1-C Silang)

BESTARI, PETRA RADYANING (2022) PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT INDONESIA DALAM KELAS DARING (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Instruksional Edukator Tuli dan Siswa Dengar pada Angkatan 1 Kelas Daring Bahasa Isyarat Indonesia A1-C Silang). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PETRA RADYANING BESTARI)
160906107 0.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906107 1.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906107 2.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
160906107 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
160906107 4.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Komunikasi instruksional membahas mengenai komunikasi dan cara guru dalam menyajikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Guru menerapkan cara-cara atau strategi, termasuk metode pengajaran, sehingga materi dapat diterima dan dipahami oleh peserta didik. Komunikasi instruksional yang terjadi pada angkatan 1 kelas daring BISINDO A1-C Silang melibatkan edukator tuli sebagai komunikator, siswa dengar sebagai komunikan, materi BISINDO Jakarta tingkat A1 sebagai pesan, dan menggunakan platform Zoom sebagai media baru pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi instruksional yang terjadi antara edukator tuli dan siswa dengar pada angkatan 1 kelas daring Bahasa Isyarat Indonesia A1-C Silang. Pengambilan data menggunakan metode observasi rekaman aktivitas kelas angkatan 1 kelas daring Bahasa Isyarat Indonesia A1-C Silang, wawancara dengan edukator tuli dan siswa dengar, dan studi dokumen yang berupa materi ajar dan silabus kelas daring BISINDO tingkat A1 Silang. Penelitian ini menemukan bahwa dalam aktivitas pembelajaran angkatan 1 kelas daring Bahasa Isyarat Indonesia Silang, edukator tuli dan siswa dengar berkomunikasi menggunakan BISINDO Jakarta dan bahasa Indonesia, dengan memperhatikan aspek kebahasaan dan porsi penggunaan. Metode ajar edukator tuli yaitu: bilingual, filosofi isyarat, permainan, dan penugasan rutin. Siswa dengar aktif memberikan umpan balik untuk menunjukkan pemahaman materi. Platform Zoom yang merupakan media baru digunakan sebagai sarana pembelajaran daring. Hambatan dalam komunikasi antara edukator tuli dan siswa dengar yaitu perbedaan cara hidup dan berkomunikasi terkait identitas diri, serta hambatan penggunaan Zoom yang berupa sinyal, kondisi perangkat, dan keterbatasan ruang visual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Instruksional, Edukator Tuli, Siswa Dengar Nondisabilitas, Media Baru
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 14 Feb 2022 10:41
Last Modified: 14 Feb 2022 10:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26304

Actions (login required)

View Item View Item