HAMBATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PASANGAN JARAK JAUH DALAM MENGELOLA KONFLIK (Studi kualitatif pada kasus pasangan berjarak)

FAHRIYANI, MIFTA (2021) HAMBATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PASANGAN JARAK JAUH DALAM MENGELOLA KONFLIK (Studi kualitatif pada kasus pasangan berjarak). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MIFTA FAHRIYANI)
170906347 0.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906347 1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906347 2.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
170906347 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img]
Preview
Text
170906347 4.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Fenomena komunikasi berjarak merupakan hal yang kerap terjadi di era maraknya teknologi. Terlepas dari hal itu, terdapat ahli yang menyatakan bahwa komunikasi berjarak dianggap sebagai proses pertukaran informasi yang kurang efektif karena seluruh panca indera tidak terlibat dalam proses interpretasi pesan. Sehingga, riskan menimbulkan kesalahpahaman dan meningkatkan kemungkinan hambatan dalam proses komunikasi. Pasangan jarak jauh merupakan kelompok masyarakat yang kerap melakukan komunikasi berjarak untuk menjalin hubungan dengan pasangan. Ketika diterpa oleh sebuah permasalahan, proses pengelolaan konflik pun dilakukan dalam keadaan berjarak. Lalu, apakah proses pengelolaan konflik akan berjalan dengan efektif? mengingat tingginya resiko hambatan komunikasi berjarak. Oleh karena itu, penelitian ini membahas mengenai bagaimana dampak hambatan komunikasi interpersonal mempengaruhi pasangan berjarak dalam mengelola konflik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dampak hambatan komunikasi interpersonal pada pasangan berajarak dalam mengelola konflik. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan pihak yang sedang atau pernah mengalami hubungan jarak jauh. proses analisis data berpatokan pada teori komunikasi interpersonal, computer mediated communication (CMC) dan manajemen konflik. Hasil penelitian menunjukan bahwa hambatan komunikasi yang terjadi pada pasangan jarak jauh berupa hambatan mekanis, hambatan psikologis, hambatan sistematis dan hambatan sosiologis. Dampaknya terhadap proses pengeloaan konflik adalah terhambatnya proses penemuan solusi diantara kedua belah pihak hingga kecenderungan jenis manajemen konflik yang bersifat destruktif pada beberapa kasus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hambatan komunikasi interpersonal, Pasangan jarak jauh, Manajemen konflik
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 16 Feb 2022 10:31
Last Modified: 16 Feb 2022 10:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26335

Actions (login required)

View Item View Item