PERSEPSI PEREMPUAN ATAS MENSTRUAL CUP (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Perempuan atas Menstrual Cup dalam Perspektif Budaya)

OLA, CAROLINA RAMANITA WARA (2022) PERSEPSI PEREMPUAN ATAS MENSTRUAL CUP (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Perempuan atas Menstrual Cup dalam Perspektif Budaya). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CAROLINA RAMANITA WARA OLA)
170906355 0.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906355 1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906355 2.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
170906355 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
170906355 4.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Persepsi merupakan pandangan seseorang terhadap suatu objek dan dapat dikatakan sebagai inti dari komunikasi. Penelitian ini membahas mengenai persepsi perempuan terhadap menstrual cup dalam perspektif budaya. Persepsi perempuan terhadap menstrual cup penting untuk diteliti guna mengetahui bagaimana penerimaan pesan terkait menstrual cup. Dengan mengetahui persepsi yang dimiliki oleh perempuan atas menstrual cup, dapat dijadikan sebagai acuan untuk melihat sudah sejauh mana pemahaman pesan terkait menstrual cup. Persepsi yang diciptakan oleh seseorang dapat bersifat positif maupun negatif. Hal ini yang akan membentuk perilaku seseorang selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi perempuan atas menstrual cup dilihat dalam perspektif budaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara. Wawancara dilakukan dengan narasumber pengguna menstrual cup dan yang belum menggunakan menstrual cup. Hasil dari penelitian yang didapat adalah pengalaman masa lalu dan unsur budaya memiliki peran yang penting dalam membentuk persepsi informan. Salah satu unsur budaya yang dominan memengaruhi informan yaitu unsur organisasi sosial dimana keluarga memiliki peran yang penting dalam membentuk pandangan informan atas menstrual cup. Informan yang sudah menggunakan menstrual cup memiliki kesan yang positif terhadap produk, sedangkan informan yang belum menggunakan meskipun sudah terpapar oleh informasi dari keuntungan menstrual cup namun informan tetap memiliki kesan yang negatif. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa informan yang sudah menggunakan menstrual cup telah mendapatkan informasi kesehatan menstruasi yang baik. Menggunakan menstrual cup dapat menjadi solusi untuk menjawab beberapa persoalan seperti mengurangi sampah plastik, menghemat biaya serta meningkatkan kebersihan selama siklus menstruasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menstrual cup, budaya, kesehatan menstruasi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 16 Feb 2022 11:25
Last Modified: 16 Feb 2022 11:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26337

Actions (login required)

View Item View Item