KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PENGAJAR DAN ANAK DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DIGITAL (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Proses Dan Faktor-Faktor Pembentuk Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pada Teman Belajar Krya.id)

SURYAPRAJA, RAMADHANA (2021) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PENGAJAR DAN ANAK DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DIGITAL (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Proses Dan Faktor-Faktor Pembentuk Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pada Teman Belajar Krya.id). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RAMADHANA SURYAPRAJA)
170906400 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906400 1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906400 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
170906400 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img]
Preview
Text
170906400 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID-19 memberi dampak perubahan terhadap banyak sektor di Indonesia salah satunya adalah sektor pendidikan. Sektor pendidikan yang mulanya melaksanakan kegiatan secara tatap muka langsung kini harus beralih ke sistem pembelajaran berbasis digital yang juga berdampak pada minat belajar anak. Pembelajaran berbasis digital ini dikenal dengan istilah e-learning yang praktiknya dijalankan oleh berbagai perusahaan industri kreatif bidang pendidikan salah satunya adalah Krya.id. Krya.id lewat Teman Belajar menggunakan pendekatan interpersonal antara pengajar dan anak didik dalam kegiatan pembelajaran digital sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk melihat bagaimana proses dan faktor-faktor pembentuk efektivitas komunikasi interpersonal yang ada di Teman Belajar Krya.id. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal DeVito sebagai fokus penelitian. Teori-teori lainnya yaitu komunikasi edukatif dan CMC digunakan sebagai konteks dalam penelitian ini yaitu terkait pembelajaran digital. Penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara mendalam. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian berupa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang berpengaruh terhadap terbentuknya komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran digital Teman Belajar. Komunikasi interpersonal yang terbentuk dari faktor-faktor tersebut mampu mendukung berjalannya proses pembelajaran digital antara pengajar dan anak didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Pembelajaran Digital
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 16 Feb 2022 14:17
Last Modified: 16 Feb 2022 14:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26357

Actions (login required)

View Item View Item