PERBANDINGAN NILAI ATRIBUT UNIK DAN ATRIBUT FUNGSIONAL OLEH PENGGUNA SHOPEEPAY DAN GOPAY DI YOGYAKARTA

Debora H, Calvin (2022) PERBANDINGAN NILAI ATRIBUT UNIK DAN ATRIBUT FUNGSIONAL OLEH PENGGUNA SHOPEEPAY DAN GOPAY DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Calvin Debora H)
170906443 0.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906443 1.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906443 2.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
170906443 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170906443 4.pdf

Download (923kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perbandingan nilai atribut unik dan atribut fungsional oleh pengguna ShopeePay dan GoPay di Yogyakarta. Pemilihan Yogyakarta sebagai lokasi penelitian karena termasuk ke dalam kota di Indonesia yang paling banyak menggunakan e-wallet dengan persentaser sebesar 63,8%. Selain itu, Yogyakarta juga merupakan salah satu kota dengan pengguna internet terbanyak yang datang dari usia produktif sebagai target market e-wallet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi dari masing- masing atribut unik dan fungsional ShopeePay serta GoPay berdasarkan peta pemosisian (positioning map). Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana perbandingan pemosisian ShopeePay dan GoPay dalam benak pengguna berdasarkan atribut unik dan atribut fungsional melalui komunikasi pemasarannya. Pada penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Selain itu, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan survey melalui penyebaran kuesioner dengan simple random sampling kepada 100 orang pengguna ShopeePay dan GoPay. Setelah jawaban responden didapatkan, dilakukan uji validitas dan reliabilitas, serta analisis distribusi frekuensi dan analisis positioning map. Berdasarkan hasil penelitian dari perbandingan posisi dari ShopeePay dan GoPay, ShopeePay berada pada kuadran pertama yang bersifat economical dan lifestyle. Selain itu, ShopeePay juga berada pada posisi e-wallet yang bersifat privasi, aman, memiliki manfaat, dan memberikan kemudahan pengguna. Hasil yang didapatkan GoPay pada atribut uniknya yaitu lifestyle dan economical menempati pemosisian e-wallet yang bersifat costly dan conventional. Selain itu, GoPay juga diposisikan sebagai e-wallet yang bersifat publik, terbuka, rugi, dan memberikan kesulitan bagi pengguna. Dari hasil data yang sudah dianalisis pada penelitian ini, nantinya akan didapatkan nilai rata-rata dari persepsi pengguna untuk melihat pemosisian dari ShopeePay dan GoPay.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Positioning Map, persepsi, ShopeePay, GoPay, e-wallet
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 17 Feb 2022 09:00
Last Modified: 17 Feb 2022 09:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26358

Actions (login required)

View Item View Item