Evaluasi dan Perbaikan User Interface Design pada Website Travelxism menggunakan Metode Human-Centered Design (HCD)

Kusumajati, Galih Indra (2022) Evaluasi dan Perbaikan User Interface Design pada Website Travelxism menggunakan Metode Human-Centered Design (HCD). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Galih Indra Kusumajati)
181710011 0.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181710011 1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181710011 2.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
181710011 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
181710011 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
181710011 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Travelxism merupakan perusahaan startup yang mempunyai visi dan misi pengembangan pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism dengan wawasan sosial, lokal, lingkungan serta konservasi budaya di Indonesia. Travelxism berhasil membangun website resmi mereka dengan nama domain travelxism.com yang merupakan sebuah portal bisnis pariwisata. 25% konten website Travelxism berisikan informasi mengenai perusahaan travelxism itu sendiri, sedangkan 75 % konten website travelxism.com berisikan informasi destinasi-destinasi yang menarik yang berada di dalam maupun luar negeri. Nampun sejak pertama kali website Travelxism dibangun belum pernah dilakukan evaluasi tingkat usability, sehingga membuat pihak Travelxism tidak megetahui bagaimana tingkat usability web mereka pada saat ini. Dari pihak Travelxism sendiri juga menginginkan dilakukan redesign tampilan antarmuka web supaya lebih fresh dan dapat mengikuti perkembangan zaman dengan pedoman sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Hasil wawancara terhadap para responden didapatkan bahwa, website Travelxism masih susah untuk digunakan, tampilan kurang menarik, dan layanan yang diberikan memiliki alur proses yang membingungkan bagi pengguna, sehingga permasalahan ini memberikan ketidaknyamanan pada pengguna ketika menggunakan website Travelxism. Maka dari permasalahan tersebut perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan desain antar muka web Travelxism dengan menggunakan metode Human-Centered Design (HCD) yang akan dibantu dengan penyebaran penilian kuesioner WEBUSE dan usability testing. Hasil penilaian kuesioner WEBUSE pada desain lama mendapat skor sebesar 0,69 yang masuk dalam kategori Good, dan pada desain solusi terdapat peningkatan skor yang cukup signifikan yaitu mendapat skor sebesar 0,90 atau masuk dalam kategori Excellent.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: uman-Centered Design (HCD), Usability Testing, Tampilan Antarmuka, WEBUSE.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 07 Mar 2022 14:24
Last Modified: 07 Mar 2022 14:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26539

Actions (login required)

View Item View Item